Oleh CNA

The World Humanitarian Summit (KTT Kemanusiaan) yang pertama akan diselenggarakan di kota  Istanbul, Turki pada 23 – 24 Mei 2016 mendatang. Sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Sekretaris-Jenderal Koordinator Urusan Kemanusiaan dan Bantuan Darurat PBB, Stephen O’Brien bahwa sejauh ini sudah 80 negara tercatat berencana untuk menghadiri pertemuan puncak untuk mengadakan brainstorming tentang bagaimana menghadapi krisis global.

Dari 80 negara tersebut 46 kepala negara berjanji akan menghadiri pertemuan itu.  Stephen O’Brien mengatakan bahwa meskipun 80 negara telah menyampaikan keinginan untuk menghadiri pertemuan, namun angka itu masih kurang dari separoh negara anggota PBB yang berjumlah 193. Tetapi itu pun sudah bisa “membesarkan hati”, katanya.

Ia menolak untuk menyebutkan nama para pemimpin negara yang akan hadir dalam pertemuan nanti termasuk daftar negara mana saja yang diundang, kecuali mengatakan bahwa mereka mewakili berbagai negara.

PBB juga merilis sebuah film pendek, melalui beberapa selibritis seperti Daniel Craig, Forest Whitaker, Michael Douglas dan lainnya untuk mempromosikan event ini dan menghimbau para pemimpin dunia agar berpartisipasi.

Sejumlah pemerintah negara, organisasi internasional dan badan-badan bantuan kemanusiaan sedang pusing menghadapi penanganan krisis pengungsi terbesar sejak Perang Dunia Kedua. Saat ini jumlah pengungsi di seluruh dunia telah mencapai 60 juta orang.

Data statistik PBB menunjukkan bahwa untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada 125 juta orang yang tergolong sangat membutuhkan, dana yang dibutuhkan untuk itu bisa mencapai USD. 20.1 miliar, merupakan 5 kali lipat dari dana yang disalurkan untuk keperluan yang sama 10 tahun silam. Selain itu, korban yang terkena dampak dari bencna alam di seluruh dunia tahun ini berjumlah 218 juta orang. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular