“Teman” adalah istilah yang rumit. Kita sering ingin orang berpikir kita mempunyai pergaulan yang luas dan teman yang banyak, tapi sebenar pada malam liburan dengan bosan kita hanya bisa duduk di rumah, menatap layar gadget atau tv, dengan gelisah dalam hati bertanya-tanya kenapa tidak ada tujuan untuk pergi.

Mungkin ini adalah alasan munculnya Facebook. Dalam dunia maya Internet, dalam sifat manusia segala sesuatu tampaknya cerah dan menyenangkan, Anda dapat melalui kelompok komunitas virtual besar, membual kehidupan Anda yang begitu indah dan seru.

Sebuah penelitian terbaru dari Oxford University terhadap mahasiswanya menyatakan, persahabatan di facebook tidak mungkin menjadi persahabatan sejati.

Diantara teman facebook Anda, ada berapa orang yang dapat berdiri di samping Anda ketika Anda benar-benar membutuhkan mereka?

Prof. Robin Dunbar psikologi evolusioner dari Oxford University percaya bahwa Facebook tidak benar-benar bisa membuat orang mendapatkan lingkaran pergaulan yang jauh lebih besar.

Dia mengatakan: “Ukuran lingkaran pergaulan ada keterbatasan kognitif, kenyamanan ini melalui jaringan internet tidak dapat menembusnya.”

Kita mungkin memiliki 150 atau bahkan 5.000 teman di Facebook, tetapi persahabatan sejati dari sejumlah besar teman-teman ini, tampaknya hanya sangat sedikit.

Ketika seseorang ditanya tentang teman di facebooknya, ada berapa banyak orang yang menjadi teman sejati, jawaban mereka adalah 27,6%. Namun, ketika dihadapkan dengan krisis emosional atau sosial, ada berapa banyak teman tempat mereka bersandar? Jawabannya mereka hanya ada 4%. Dan hanya sekitar 14% teman facebook hanya mengungkapkan keprihatinan mendalam, tak sekedar kata-kata di wall.

Apakah memiliki banyak teman di Facebook, berarti orang-orang ini dalam kehidupan sosial yang nyata, adalah orang yang aktif?

Mungkin tidak. Survei menunjukkan mempunyai teman-teman Facebook dalam lingkaran besar, tidak mewakili mempunyai banyak teman-teman dekat, biasanya mereka hanyalah kenalan biasa saja, atau mungkin tidak kenal sama sekali.

Akumulasi teman di Facebook karena dari waktu ke waktu semakin lama semakin banyak, tapi tidak kondusif untuk kualitas persahabatan. Profesor Dunbar mengatakan: “Persahabatan yang lama tidak bertemu, secara perlahan akan memudar dan jaringan sosial dapat mengurangi persahabatan ini memudar, tetapi tidak cukup untuk mencegah kehilangan persahabatan ..”

Dia menyarankan bahwa cara terbaik untuk mempertahankan persahabatan, adalah sesekali melakukan interaksi tatap muka, bukan sama sekali tidak pernah. Keluar dari dunia maya ke dalam kehidupan nyata, berkomunikasi nyata dengan orang-orang, adalah hal yang benar.

 

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular