Planet kerdil MakeMake akhirnya diketahui memiliki beberapa pendamping di sekelilingnya. Teleskop luar angkasa Hubble mendeteksi sebuah bulan atau satelit alami yang kecil dan gelap mengitari planet kerdil yang terletak di pinggir tata surya yang dingin, demikian dilansir dari Daily Mail.

‘Bulan’atau satelit alami ini pernah diberi nama sementara sebagai “S / 2015 (136472) 1,” dan dijuluki “MK2.” Satelit ini memiliki kecerahan 1.300 kali lebih redup dari MakeMake.

Makemake merupakan planet kerdil. Ia memiliki diameter sekitar 1.400 kilometer di ekuatornya dan baru-baru ini diketahui memiliki bulannya sendiri. Planet kerdil Makemake ditemukan pada tahun 2005. Ia juga merupakan obyek paling terang kedua di Sabuk Kuiper setelah Pluto.

Makemake adalah planet langka yang mirip dengan Pluto, sehingga sangat penting bagi ilmuwan dalam mempelajarinya lebih lanjut jika dapat menemukan satelitnya. Karena hanya dengan ditemukannya satelit Makemake, baru dapat melakukan studi banding dengan Pluto, dan memberikan dasar yang sangat penting dalam menemukan planet lain yang layak huni bagi manusia.

Beberapa planet kerdil lain telah diketahui memiliki satelitnya masing-masing, tapi ini adalah temuan pertama satelit pendamping dari planet kerdil Makemake..

“Makemake” adalah salah satu dari lima planet kerdil yang secara resmi diakui oleh International Astronomical Union (IAU).

“Perkiraan awal kami menunjukkan bahwa orbit satelit tampaknya berada di tempat paling ujung. Penemuan bulan ini telah memberi kita kesempatan untuk mempelajari Makemake secara detail lebih dari yang kita mampu tanpa pendamping (MK2),” ujar Alex Parker, astronom di Southwest Research Institute, Boulder di Colorado, Amerika Serikat.

Para astronom saat ini akan mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang orbit MK 2 terhadap Makemake sehingga mereka dapat menghitung massa untuk sistem Makemake ini dan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana satelit alami MK 2 terbentuk.

Penemuan MK2 mendukung makin meyakinkan hubungan Pluto dan planet kerdil lainnya dan makin pantas untuk bergabung dengan mereka. Kehadiran MK2 juga memberikan informasi lebih banyak untuk para astronom sebagai bahan tambahan dalam mempelajari Makemake.

Dengan mengamati MK2 sebagai orbit Makemake, akan memberi informasi untuk para ilmuwan mengenai hubungan gravitasi antara kedua obyek yang memudahkan menghitung massa planet.

Orbit elips atau lingkaran

Peneliti akan melakukan lebih banyak pengamatan tambahan dengan Hubble untuk memastikan apakah orbit bulan ini berbentuk elips atau melingkar. Perkiraan awal menunjukkan, jika ‘bulan’ ini mengorbit melingkar, maka ia membutuhkan 12 hari atau lebih untuk mengitari jalur lintasaan MakeMake. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular