Oleh: Jonathan Zhou

Deterjen laundry pod adalah deterjen untuk mencuci pakaian dalam bentuk kemasan jeli yang menghilangkan noda dengan baik dan membuat baju tidak kusam, di mana pemakaiannya langsung dilarutkan bersama dengan pakaian dalam mesin cuci, tidak ditaruh di laci deterjen mesin cuci.

Penelitian yang diterbitkan dalam Pediatrics on Monday menunjukkan bahwa banyak anak terkena racun paket deterjen laundry ini setiap tahun. Jumlah pengaduan ke pusat kontrol racun AS melonjak 17 persen antara tahun 2013 dan tahun 2014.

“Kami menemukan bahwa sebagian besar kasus keracunan disebabkan oleh paparan terhadap paket deterjen laundry dan sayangnya justru disebabkan oleh produk yang sangat beracun,” kata Dr Gary Smith kepada CBS News.

Smith, seorang direktur di Rumah Sakit Anak Nationwide di Ohio, adalah peneliti utama untuk kasus ini. Ia menganalisis lebih dari 62.000 pengaduan yang ditujukan kepada pusat kontrol racun AS setelah anak di bawah usia 6 tahun terpapar dengan deterjen laundry atau pencuci piring.

Terdapat peningkatan segala bentuk keracunan deterjen, tapi laundry pod menunjukkan peningkatan terbesar dan yang paling berbahaya.

Menelan paket laundry mengakibatkan 17 kasus koma, 6 kasus sesak napas, 4 kasus serangan jantung, dan 2 kasus kematian.

Anak-anak di bawah usia 3 tahun yang paling banyak terkena.

“Anak-anak di bawah usia 3 tahun ini gemar menjelajahi dan menyelidiki lingkungannya dengan menaruh benda yang ditemukan ke dalam mulutnya dan jika mereka menggigit laundry pod, maka laundry pod akan keluar dari kemasannya dan menyemprot ke bagian belakang tenggorokan mereka … dan ditelan oleh anak,” kata Smith.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak di bawah usia 3 tahun harus memutuskan untuk tidak menggunakan laundry pod demi keselamatan anaknya.

“Tidak ada alasan mengapa anak-anak harus dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan koma dan dengan pembengkakan paru-paru bagian bawah kemudian mereka hidup dengan mesin bantuan pernapasan,” kata Smith. “Tidak ada alasan mengapa anak-anak harus meninggal kalau kita sudah memilih deterjen yang lebih aman.”

Smith menganjurkan deterjen pod disimpan di tempat yang aman yang jauh dari jangkauan anak-anak.

“Laundry pod harus dijauhkan dari pandangan anak-anak dan sebaiknya disimpan dalam lemari yang dikunci,” kata Smith.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular