JAKARTA – Keprihatinan terhadap kasus Yuyun yang mengemuka belakangan ini, menarik perhatian masyarakat. Termasuk gerakan tanda tangan dukungan yang digelar oleh Solidaritas untuk Yuyun di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/5/2016) pagi tadi. Spanduk sepanjang 300 meter itu menjadi media dukungan tanda tangan bagi warga yang beraktivitas pagi itu.

Keterangan foto: Bunyi salah satu keprihatinan. (foto: R.Pudiyanto)
Keterangan foto: Bunyi salah satu keprihatinan. (foto: R.Pudiyanto)

Tertulis di dalam spnaduk beragam kampanye keprihatinan terhadap kasus ini. Diantaranya, “Kami Tertunduk untuk Yuyun, Tetapi Kami Tegak Melawan Pelaku Pemerkosaan.” Ada lagi “Pemerkosa adalah kejahatan di Jaman Modern.” Kata-kata lainnya, “Kita Malu jika Kalah Melawan Pelaku Pemerkosaaan.” Dan masih banyak lagi.

Koordinator aksi, Grace Nathalia, menyatakan aksi itu dimaksudkan untuk menggalang solidaritas dan mengawal kasus Yuyun agar dapat diproses secara hukum sampai tuntas. Pihaknya mendukung agar para pelaku dihukum seberat-beratnya, hingga seumur hidup.

“Kami akan mengawal kasus ini hingga tuntas. Spanduk ini nantinya akan kami kirim ke Bengkulu, dan dipasang di depan Pengadilan Bengkulu,” kata Grace kepada Erabaru.net di lokasi, Minggu (8/5/2016) pagi.

27
Solidaritas untuk Yuyun. (foto: R.Pudiyanto)
Bunyi salah satu kampanye.  (foto: R.Pudiyanto)
Bunyi salah satu kampanye. (foto: R.Pudiyanto)

Aksi tanda tangan spanduk ini bukan hanya digelar di Bundaran HI Jakarta namun serentak dilakukan di 14 Kota di Indonesia.

Beebrapa warga antusias membubuhkan tanda tangannya di spanduk berwarna putih itu. Suara keprihatinan, sedih, geram dan marah bercampur jadi satu dalam tulisan mereka. “Yuyun adalah yang terakhir, Stop dan Hukum Kebiri Pelakunya,” tulis Aree, Denpasar. Ada juga yang mendoakan arwah Yuyun, “Rest in Peace Yy,” tulis Erwin.  (R.Pudiyanto)

Bunyi salah satu dari penanda tangan.  (foto: R.Pudiyanto)
Bunyi salah satu dari penanda tangan. (foto: R.Pudiyanto)
Bunyi salah satu dari penanda tangan.  (foto: R.Pudiyanto)
Bunyi salah satu dari penanda tangan. (foto: R.Pudiyanto)

Share

Video Popular