Oleh Zixiang

Parlemen telah mengesahkan rancangan untuk penghematan ketiga sejak 2010 yang diajukan pemerintah sayap kiri Yunani beberapa waktu lalu. Pemerintah Yunani berharap dengan diberlakukannya program tersebut, maka dana bantuan berjumlah EUR. 86 miliar yang diajukan kepada Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional dapat diturunkan.

Para pengunjuk rasa, pada Minggu (8/5/2016) berkumpul di depan gedung parlemen untuk memprotes disahkannya program penghematan itu. Kenaikan tarif pajak telah meningkatkan beban hidup masyarakat Yunani, bahkan membuat sebagian keluarga harus meeluarkan hingga 55 % dari penghasilan mereka untuk membayar pajak.

Program ini akan menambah jumlah pajak yang dikenakan kepada warga kelas ekonomi menengah ke atas, juga termasuk rencana untuk mengurangi pembayaran pensiun, memberlakukan rencana merger dana pensiun, menambah objek kena pajak yang pungutannya akan dimasukkan langsung masuk ke kas negara, mengurangi tekanan pada anggaran belanja pemerintah.

Sebelumnya, pemerintah Yunani melalui berbagai media sudah menekankan bahwa program penghematan  tidak ditargetkan kepada rumah tangga yang berpenghasilan rendah. Namun perlu dilaksanakan karena pemerintah harus menjaga agar Pendapatan Domestik Bruto berada di tingkat 3.5 %, untuk menambah potensi masuk ke pasar oblogasi dan menjamin berkelanjutannya perputaran hutang negara.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras lagi-lagi mendapat kejaman keras dari oposisi. Rancangan penghematannya yang dilakukan bertahun-tahun hanya akan membuat ekonomi Yunani bertambah parah. Menteri Keuangan Yunani yang sekarang juga mengatakan bahwa jika IMF dan Uni Eropa gagal mencapai kesepakatan untuk memberikan dana bantuan, maka Yunani akan sulit untuk bertahan.

Menteri Keuangan dari 19 negara anggota Uni Eropa akan berkumpul untuk membahas bagaimana rencana restrukturisasi keuangan yang perlu dilakukan Yunani, termasuk serangkaian rencana cadangan/ alternatif agar di tahun 2018 nanti, negara itu bisa mencapai  keuangan yang mereka targetkan. (Soundofhope/sinatra/rmat)

Share

Video Popular