Erabaru.net. Ada kesan negatif di masyarakat jika kita tidak melakukan apa-apa karena dianggap malas. Jadi, kita supaya tampak selalu sibuk.

Kita menyibukkan diri dengan nonton film, mengirim pesan kepada teman melalui telepon pintar.

Kita tidak pernah meluangkan waktu selama sepuluh detik saja hanya untuk melihat sekeliling kita dan mensyukuri apa yang kita miliki.

Sebenarnya melepaskan diri sejenak dari kesibukan adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri.

Jika Anda ingin memiliki pandangan yang sehat dan seimbang terhadap kehidupan, maka penting untuk melepaskan diri sejenak dari kesibukan.

Anda mungkin berpikir, “Sebenarnya saya senang untuk rileks sejenak, tapi saya ini terlalu sibuk. Saya harus mengerjakan semua tugas ini. Saya telah membuat janji untuk bertemu dengan sejumlah orang. Setelah itu saya akan makan malam sambil nonton acara favorit saya.”

Walau itu adalah kegiatan rutin Anda, tampaknya Anda memang benar-benar tidak ada waktu untuk refleksi diri.

Dan saat Anda percaya bahwa Anda “terlalu sibuk,” sebenarnya Anda masih dapat melepaskan diri dari kesibukan selama 20 menit — misalnya berbicara lewat headphones sambil berjalan untuk bertemu dengan teman, menikmati makan siang di luar ruangan sambil melihat sekitar atau menikmati makan malam dengan makanan kesukaan Anda sambil nonton film favorit Anda.

Anda harus meluangkan waktu untuk membiarkan sistem saraf Anda beristirahat, waktu di mana Anda merefleksi ke dalam diri sendiri.

Masalahnya adalah kita cenderung menyibukkan diri sendiri ketika mencoba meluangkan waktu untuk rileks, misalnya nonton film atau televisi, terlena dengan pemakaian internet, atau main smartphone.

Ini semua adalah cara untuk melarikan diri dari kenyataan, dan kita mudah kecanduan. Kita mudah terjebak untuk menghabiskan waktu menonton film daripada merefleksi diri dan berpikir tentang bagaimana perasaan kita terhadap karier kita atau bagaimana kita sharing dengan teman terbaik.

Usahakan untuk bersantai. Tidak tahu apa yang harus dilakukan apa? Berikut adalah beberapa ide dasar:

  • Berjalan sambil menikmati alam.
  • Nikmati minum kopi bersama dengan teman. Ciptakan percakapan yang positif, jangan membangun percakapan yang negatif atau bergosip.
  • Duduk di sebuah kafe dan melihat orang yang lalu lalang.

Melakukan apa pun memungkinkan Anda untuk terhubung dengan dunia di sekitar Anda lebih dalam, pada tingkat yang lebih mendalam.

Akan memberikan manfaat jangka panjang — dari meningkatkan kreativitas sampai menurunkan stres, dari meningkatkan perhatian sampai meningkatkan hubungan persahabatan dengan orang lain, bahkan membuat Anda lebih produktif.

Mulailah meluangkan waktu satu jam setiap minggu untuk melepaskan diri Anda dari kesibukan.

Mungkin awalnya sulit, tetapi dengan latihan, Anda segera menuai keuntungan dan memandang diri sendiri dan dunia secara seimbang.

Sebenarnya Anda bukanlah orang yang terlalu sibuk bila Anda masih sempat meluangkan waktu menonton televisi, brosing internet dan mengirim pesan melalui telepon pintar kepada teman Anda. Ubah kebiasaan Anda, ubah pikiran Anda.

Yang dibutuhkan adalah sedikit waktu setiap hari untuk memperluas pandangan Anda dan mulai benar-benar mengalami kehidupan Anda.(Epcohtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular