Kangen dengan makanan menu tradisional tempoe doeloe? Atau ingin mengetahui dan mencicipi cita rasa kuliner tradisional dari daerah lain?

Ajang Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) yang digelar oleh Summarecon Kelapa Gading bisa menjembatani keinginan konsumen penikmat kuliner sekaligus mempromosikan kuliner nusantara. Food Festival ke-13 “Kampoeng Tempo Doeloe” yang digelar di lapangan parkir La Piazza ini, digelar sebulan penuh, dan sudah dibuka sejak 22 April 2016, dan ditutup 22 Mei 2016 mendatang. Beragam pesona kuliner nusantara dapat dinikmati sesuai selera.

Keterangan foto: Salah satu booth bernuansa Pecinan. (Foto R. Pudiyanto)
Keterangan foto: Salah satu booth bernuansa Pecinan. (Foto R. Pudiyanto)

Kampoeng Tempo Doeloe mengambil tema  “Aneka Mie Nusantara,” dihadirkan dengan dekorasi nuansa “pecinan atau kampung China” masa lampau. Tak heran berbagai ornamen ala budaya Tiongkok nampak terasa, seperti gapura, booth, hiasan payung merah, lampion dan lain-lain.  Berdampingan dengan KTD, hadir juga Wine & Cheese Expo (WCE) dengan tema “Exploring the wine from Europe countries (collaboration with the embassy), menghadirkan beragam wine, keju, hingga coklat dari produsen dan distributor terbaik, didukung juga oleh beberapa negara sahabat.

Banyak menu yang disajikan. Tercatat ada 65 booth dan 29 gerobak yang menyajikan sekitar 200 an aneka menu berbeda. Sesuai tema “Aneka mie Nusantara,” ada 8 jenis mie yang tersajikan yakni, Mie Ayam 99, Mie Kangkung President, Mie Aceh Seulawah, Mie Jowo Semar, Mie Kocok Bandung Marika, dan Mie Celor Bunga Mas.

Keterangan foto: Salah satu booth. (Foto R. Pudiyanto)
Keterangan foto: Salah satu booth. (Foto R. Pudiyanto)

Menu tradisional yang tersedia seperti Srabi Solo Notosuman Ny. Handayani, Abang Adek Indomie Pedes Mampus, Sate Ayam Madura Blok S, Bakmi Amei, Batagor Abuy Asli Bandung, Cicongfan Pluit Sakti, Es Duren Iko Gantinyo, Es Pisang Ijo Pemuda, Gudeg Jogja “Ibu Laminten” dan masih banyak lagi. Semua menu bisa dikunjungi di jam buka acara, Senin – Kamis 16:00 – 22:00 Wib, Jumat 16:00 – 23:00 Wib, Sabtu & Hari Libur 11:00 – 23:00 Wib Minggu 11:00 – 22:00 Wib

Semua menu juga sudah lolos uji dan dinyatakan aman oleh BPOM. Ada sticker BPOM di setiap booth. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa kenyaman dan keamanan pengunjung dalam menikmati kulinernya.

Ajang ini dimaksudkan selain sebagai jembatan untuk mempromosikan kuliner Indonesia ke tingkat yang lebih luas pada tataran lokal maupun global, juga memperluas peluang usaha bagi industrinya.  Salam wisata kuliner. (rmat)

Share

Video Popular