Oleh CNA Hanoi

Kementerian Luar Negeri Vietnam, Rabu (11/5/2016) hari ini menyatakan bahwa Presiden AS Obama akan berkunjung ke Vietnam pada 22 Mei 2016 mendatang. Obama adalah presiden AS ketiga yang mengunjungi Vietnam dan kunjungannya yang direncanakan selama 4 hari itu cukup menarik perhatian media dan publik internasional.

Sejumlah media Vietnam mengutip pemberitaan dari situs resmi Gedung Putih melaporkan, Obama akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Vietnam dengan pembahasan yang difokuskan pada penguatan kerjasama bilateral di bidang ekonommi, keamanan dan lainnya. Termasuk bertukar pandangan mengenai isu-isu strategis regional dan internasional. Kabarnya, Obama di Hanoi nanti juga akan menyampaikan pidato tentang hubungan Vietnam – AS.

Obama dan pemimpin Vietnam juga akan membahas soal perlunya perjanjian Trans-Pacific Partnership (TPP) diratifikasi pada tahun ini. Ia berencana untuk bertatap muka langsung dengan  para pengusaha Vietnam dan anggota organisasi Young South East Asia Leaders Initiative (YSEALI).

Obama kemudian akan terbang ke Jepang untuk menghadiri Pertemuan Puncak G7. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular