Erabaru.net. Lengkeng atau longan dapat menyembuhkan insomnia jangka panjang, miopia tinggi, juga bisa meningkatkan intelegensi seseorang.

Ada cerita dari seorang dokter senior Tiongkok, katanya ada seorang pasien yang mengalami masalah tidur (insomnia) jangka panjang yang datang jauh-jauh hanya untuk menemuinya, tapi dokter itu tidak memberinya resep, justru langsung menyuruh pasien itu pulang ke rumah sambil berpesan agar merebus lengkeng dan minum airnya.

Dan ajaib memang, karena tak lama kemudian, sang pasien itu pun sembuh dari insomnia yang dideritanya.

Lengkeng adalah obat mujarab pertama yang berkhasiat menguatkan otak

Obat mujarab pertama dalam “Yi Jing” (sumber dari semua kitab klasik Tiongkok, mencakup ilmu pengobatan Tiongkok, ilmu bisnis, ilmu tata negara sampai feng shui dan sebagainya), setiap saat saya merasa kelelahan, hendak begadang, dan menguras otak (berpikir secara ekstrim), saya selalu merebus semangkuk air lengkeng untuk minum, atau memakan langsung sekitar 20 – 30 butir buahnya, setelah itu, otak saya pun seketika terjaga / menjadi jernih, seolah-olah raga ini kembali disinari langit biru yang cerah.

Konsumsi lengkeng dapat menghilangkan pusing, dan sakit kepala

Selama studi kedokteran, saya secara alami menemukan cara yang mujarab dalam mengatasi kepala pusing, kepala tidak nyaman, dan sakit kepala.

Mungkin tidak terbayangkan oleh Anda, kalau obat mujarab yang saya cari-cari bertahun-tahun dengan susah payah untuk mengatasi ketidaknyamanan (nyeri/sakit) di kepala itu ternyata adalah lengkeng.

Saya membeli ½ kg buah lengkeng, saya ambil 30 butir, kemudian saya ambil isinya (daging lengkeng), lalu saya tambahkan air dan rebus daging lengkeng (berikut bijinya) itu, setelah mendidih saya rebus lagi sekitar 20 menit, kemudian air rebusan lengkeng itu saya tuang ke dalam mangkuk, setelah itu tunggu dan biarkan agak dingin baru minum.

Kurang dari dua jam kemudian, fisik saya terasa segar dan nyaman penuh vitalitas. Setelah itu saya membeli lagi sekeranjang penuh untuk persiapan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Sejak saat itu, setiap saat saya merasa kelelahan, hendak begadang, dan menguras otak (berpikir secara ekstrim), saya selalu merebus semangkuk air lengkeng untuk minum, atau memakan langsung sekitar 20 – 30 butir isi-buahnya, setelah itu, otak saya pun seketika terjaga / menjadi jernih, seolah-berol otak ini kembali disinari langit biru yang cerah.

Pada suatu sore di musim dingin, saya sempat kedinginan (meriang) setelah keramas, kepala saya terasa kebas.

Ketika itu saya pikir ini masalah sepele, nanti juga akan sembuh sendiri, tapi, sampai keesokannya, pusing di kepala bukannya membaik, malah justru semakin parah, lalu saya ambil segenggam lengkeng, kemudian saya rebus semangkuk air lengkeng yang kental lalu saya minum, dan segera setelah itu saya merasa lebih baik dan nyaman.

Lengkeng dapat menyembuhkan insomnia jangka panjang, miopia tinggi, juga bisa meningkatkan intelegensi seseorang

Pernah saya mendengar cerita dari seorang dokter senior Tiongkok, katanya ada seorang pasien yang mengalami masalah tidur (insomnia) jangka panjang yang datang jauh-jauh hanya untuk menemuinya, tapi dokter itu tidak memberinya resep, justru langsung menyuruh pasien itu pulang ke rumah sambil berpesan agar merebus lengkeng dan minum airnya.

Dan ajaib memang, karena tak lama kemudian, sang pasien itu pun sembuh dari insomnia yang dideritanya.

Ketika itu, sang dokter senior menjelaskan bahwa buah lengkeng itu berefek menguatkan limpa dan jantung, jadi dapat mengobati insomnia.

Lengkeng atau dikenal juga sebagai longan.

Menurut legenda di kalangan rakyat jelata, buah lengkeng itu sekilas tampak sangat mirip dengan mata naga.

Tapi terlepas apakah memang mirip dengan mata naga, lengkeng memang benar-benar sangat bagus untuk mata.

Saya pernah mengobati seorang pasien myopia yang tergolong serius, saya sarankan coba minum setiap hari secara teratur air rebusan isi-daging berikut biji lengkeng dengan campuran wolfberry (goji berry), setelah bertahan minum hampir satu tahun lamanya, miopianya dari -8.00 D turun menjadi -2.00 D

Direkomendasikan bagi Anda yang mungkin menderita miopia (rabun jauh) cobalah untuk sering-sering minum air rebusan sebagaimana disebutkan di atas, karena berkhasiat merawat kesehatan mata.

Lengkeng memiliki nilai gizi yang tingg, tapi khasiatnya tidak sama jika dikonsumsi pada waktu dan cara makan berbeda

Menurut kedokteran Tiongkok, daging lengkeng bersifat manis moderat, cocok dikonsumsi untuk menguatkan limpa, jantung, menenangkan saraf dan menutrisi darah, adalah bahan obat tonik tradisional yang umum digunakan.

Berikut direkomendasikan beberapa cara mengolah lengkeng untuk memelihara kesehatan dan stamina fisik, jadi, bagi Anda yang menaruh perhatian pada kesehatan, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

1. Setiap pagi siapkan 10 butir lengkeng, ambil isinya, kemudian rebus 2 butir telor, tambahkan gula secukupnya, kemudian dimakan dalam keadaan perut kosong. Berkhasiat menguatkan limpa dan jantung, menambah darah dan menguatkan energi vital.

2. Konsumsi sekitar 10 butir lengkeng setiap malam sebelum tidur, dapat menenangkan saraf, merawat kesehatan jantung, dan sebagai terapi jantung berdebar-debar dan gangguan masalah tidur (insomnia).

3. Siapkan 20 gr daging lengkeng, kemudian masukkan ke dalam 300 ml air mendidih, biarkan (rendam) sekitar 5 menit, setelah itu airnya diminum dan makan dagingnya.

Berkhasiat menambah darah dan menyegarkan pikiran, adalah pilihan utama sebagai tonik bagi mereka yang kerap begadang, dan mereka yang irama hidupnya cepat.

4. Siapkan 30 gr daging lengkeng, masukkan ke dalam 500 ml air mendidih selama sekitar 10 menit, kemudian tambahkan 2 butir telur, cukup direbus sebentar saja bersama air rebusan lengkeng, setelah itu diminum dan dimakan telurnya.

Konsumsi secara rutin dapat merawat kecantikan dan menghaluskan kulit, melawan penuaan, memperkuat regulasi sistem kekebalan tubuh. Terutama cocok untuk kaum wanita.

5. Siapkan 200 gr daging lengkeng, tambahkan 500 ml arak putih, rendam selama 1 bulan. Minum sekitar 15 ml setiap malam menjelang tidur.

Berkhasiat memulihkan stamina, meringankan gejala sub-health dan menenangkan saraf.

6. Siapkan 30 butir isi-daging lengkeng, 10 butir jujube digeprek, dan 100 gr beras (sejenis beras Jepang), dimasak menjadi bubur 2 mangkuk, tambahkan gula merah secukupnya, makan satu mangkuk masing-masing pagi dan malam.

Berkhasiat menguatkan limpa, menambah darah, merawat jantung dan menguakan intelegensi, terutama sangat cocok untuk lansia. (NTDTV/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular