JAKARTA – Puluhan praktisi Falun Gong atau Falun Dafa dari Jakarta, Depok dan Tangerang Selatan menyemarakkan hari Falun Dafa Sedunia yang jatuh pada setiap 13 Mei di pusat ibu kota Jakarta, Minggu (15/5/2016).

Acara peringatan dimulainya perkenalan Falun Gong atau Falun Dafa ke publik pertama kali pada 13 Mei 1992 silam, disemarakkan dengan menggelar pawai seputaran jalan M.H.Thamrin dan sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Pawai digelar bersamaan keramaian warga Jakarta yang sedang meramaikan hari bebas kenderaan di jalan protokol pusat kota Jakarta itu.

Praktisi Falun Gong menggelar hari Falun Dafa sedunia dengan pawai barisan genderang pinggang yang membawa pesan-pesan tentang kebaikan dan keindahan Falun Dafa. Spanduk “Falun Dafa” menjadi pembuka untuk menyemarakkan penyebaran Falun Dafa selama 24 tahun ke seluruh mancanegara.

Barisan pawai selanjutnya disertai dengan praktisi Falun Gong yang berbalut baju khas Tiongkok kuno sembari membagikan bunga lotus terbuat dari kertas. Mereka juga membagikan sejumlah brosur yang menjelaskan tentang hal ihwal Falun Dafa serta manfaatkan dari latihannya untuk mengolah jiwa dan raga.

Selanjutnya barisan praktisi Falun Gong tersebut disertai dengan pesan-pesan spanduk yang menunjukkan tentang penyebaran Falun Dafa sejak mulanya sekitar 1992 silam di Tiongkok. Pesan selanjutnya yang disampaikan adalah tentang sejumlah warga dari berbagai belahan dunia di benua Eropa, Amerika, Australia, Afrika, Asia Fasifik serta Timur Tengah yang turut beralatih Falun Gong.

Melansir dari situs resminya id.falundafa.org Falun Gong atau Falun Dafa mulai dipublikasikan oleh Master Li Hongzhi di Tiongkok pada Mei 1992 hingga 1994 silam di Tiongkok. Selanjutnya pendiri Falun Gong ini pergi keluar negeri untuk mengajarkan Falun Gong di berbagai tempat d idunia: Eropa, Asia, Amerika, Australia. Hingga sekarang, Falun Gong sudah dilatih di lebih dari 114 negara dan membawa manfaat positif bagi banyak orang.

Falun Gong adalah suatu kultivasi peringkat atas yang berupa suatu sistem perangkat latihan yang benar-benar secara nyata dapat memperbaiki dan meningkatkan moral, tubuh dan spiritual seseorang menuju ke tingkat yang lebih tinggi. Melalui latihan Falun Gong, para praktisi dapat memperoleh kemajuan yang sangat pesat dalam kesehatan jiwa dan raga, demikian juga dapat menghilangkan stress.

Falun Gong bukanlah agama, karena tidak ada ritual, formalitas atau aktivitas apapun yang seringkali digunakan dalam agama, tidak ada keanggotaan. Semua kegiatan Falun Dafa selamanya bebas biaya. Falun Gong juga tidak melibatkan diri dalam politik, Falun Gong hanya mengajarkan praktisi mematut diri sesuai kriteria tingkat tinggi serta melepaskan keterikatan hatinya, guna mencapai taraf kondisi jiwa yang lebih tinggi. (asr)

Pawai praktisi Falun Gong di Jakarta
Pawai praktisi Falun Gong di Jakarta
Barisan genderang pinggang Falun Gong
Barisan genderang pinggang Falun Gong

Hut-Dafa-2016-3Falun-Dafa-pawai-15Dafa-pawai-57

Pemudi berselfi ria dengan latar belakang barisan pawai praktisi Falun Gong
Pemudi berselfi ria dengan latar belakang barisan pawai praktisi Falun Gong
Warga berfoto dengan pawai praktisi Falun Gong
Warga berfoto dengan pawai praktisi Falun Gong
Praktisi Falun Gong dari Jakarta, Depok dan Tangsel berfoto bersama
Praktisi Falun Gong dari Jakarta, Depok dan Tangsel berfoto bersama

Share

Video Popular