Mencoba memahami seseorang yang tidak dapat berbicara menggunakan bahasa Anda bisa menjadi sejarah dari masa lalu, berkat sepotong teknologi baru. Ide untuk menerjemahkan bahasa dalam bentuk perangkat telinga berukuran kecil ini datang dari seorang pengusaha bernama Andrew Ochoa ketika ia bertemu dengan seorang gadis Perancis dan tidak tahu bagaimana untuk berbicara dengannya.

Mempercepat untuk merealisasikan, perusahaan Waverly Labs yang berbasis di New York menawarkan pre-order untuk perangkat kecil mereka yang dinamakan “Pilot”.

Pilot adalah perangkat yang dapat dikenakan untuk dua orang dan menerjemahkannya secara real time seperti mereka saling berbicara, tepat ke telinga setiap orang. Dalam beberapa hal itu mengingatkan ikan Babel dari “Panduan Hitchhiker untuk Galaxy,” yang memungkinkan manusia langsung mengerti bahasa apapun setelah menempelkannya di telinga Anda, karena  Pilot tidak memakai gelombang otak.

Waverly Labs belum merilis banyak rincian tentang persisnya bagaimana Pilot bekerja, tetapi menjelaskan secara online sebagai alat pintar penerjemah bahasa yang terhubung ke sebuah aplikasi untuk men-download dan mengubah bahasa. Sebagai permulaan, alat itu akan menerjemahkan bahasa Perancis, Spanyol, Italia, dan Inggris sebelum berkembang ke bahasa lain.

Waverly Labs, yang telah mengembangkan teknologi ini, mengatakan pada situs web-nya, “Menggunakan teknologi wearable penerjemahan kecil ini dapat memungkinkan dua orang untuk berbicara bahasa yang berbeda tapi masih jelas memahami satu sama lain”.

Ochoa dan temannya asal Perancis, Elodie, melakukan demo kecil yang manis dengan perangkat tersebut. Tujuan Ochoa pada akhirnya membuat versi yang dapat menerjemahkan segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda di negara asing, Telegraph melaporkan.

Perusahaan akan menerima pre-order melalui “Indiegogo” segera untuk Pilot dalam tiga warna dan diharapkan untuk ritel seharga sekitar $300 ketika mencapai pasar menjelang musim semi 2017. Sebuah aplikasi mobile akan dirilis musim panas ini.

Waverly Labs mengatakan earphone ini dapat dipakai di luar negeri dan offline, merupakan keuntungan besar bagi wisatawan yang perlu berkomunikasi di daerah yang kekurangan akses Internet.

Smartphone sekarang dapat melakukan pekerjaan menerjemahkan yang lebih baik secara real time dengan berbagai aplikasi dan juga Skype dapat menerjemahkan antara penelepon, tetapi perangkat di telinga menjadi solusi yang lebih elegan. Selain itu, membebaskan tangan Anda menggerak-gerakkan tangan untuk menerjemahkan apa yang ingin Anda sampaikan. (ran)

 

Share

Video Popular