Erabaru.net. Banyak orang menyadari bila menonton TV, menggunakan komputer dan smartphone secara rutin, kekurangan sinar Matahari alami dan kurang berolahraga merupakan banyak aspek dalam kehidupan modern yang dapat merugikan penglihatan kita.

Kebanyakan orang juga berpikir bahwa metode bedah laser adalah suatu hal yang tidak dapat dielakkan, dan penglihatan kita semakin lama akan semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Untunglah, bukan ini masalahnya.

Metoda Bates

Akhir 1800-an di Amerika Serikat, Dr. William Bates, seorang ahli bedah mata terkemuka, merasakan kecewa pada profesinya. Jika kacamata dapat membantu penglihatan kita, lalu mengapa kemudian mereka secara terus menerus memerlukan kacamata yang semakin lama semakin kuat?

Dia yakin bila ada jalan lain yang lebih baik untuk mengelola mata kita, dan lahirlah Metode Bates.

Bates adalah pendekatan holistik untuk melihat, mengintegrasikan pikiran, badan, dan jiwa. Filosofi Bates adalah bahwa kita memiliki kapasitas luar biasa untuk menyembuhkan diri kita sendiri, dan penglihatan itu tidak sepenuhnya fisik – namun juga mental.

Menurut Bates, cacat mata disebabkan oleh kelelahan mata. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk relaksasi mata.

Palming (menutup mata dengan te lapak tangan)

Ketika Anda berada di depan komputer sepanjang hari, Anda tidak memiliki cukup waktu tidur, dan Anda mulai merasakan penat di belakang mata Anda, apakah yang akan Anda lakukan?

Ya palming, adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan. Lepaskan kacamata Anda. Jika bisa, singkirkan contact lens.

Gosoklah kedua belah telapak tangan Anda dengan penuh semangat, untuk menghangatkan mereka sekejap, lalu tutupkan di atas mata Anda yang terpejam.

Jangan ada tekanan apa pun pada bola mata Anda, maksudnya adalah untuk menghalangi masuknya celah cahaya sedikit pun.

Jika Anda dalam posisi duduk, letakkan siku Anda di atas meja di depan Anda, jika perlu topang mereka dengan beberapa buku.

Namun yakinkan Anda tidak sedang membungkuk, posisi tersebut akan membatasi peredaran darah.

Palming, sungguh cara ampuh untuk relaks. Kombinasi antara kehangatan dan kondisi gelap total adalah cara yang lebih merelakskan untuk mata Anda daripada tidur.

Supaya metode ini bekerja sempurna Anda harus relaks, secara fisik dan mental.

Jika Anda menganggap hal tersebut sebagai pekerjaan sehari-hari, itu tidak akan bermanfaat bagi Anda.

Pikirkan, anggap saja, sebagai waktu istirahat untuk mata Anda.

Metode palming ini sangat bermanfaat sehingga Anda perlu melakukannya sebanyak yang Anda bisa, berbaring di atas ranjang di penghujung malam hari atau di awal pagi hari jika Anda tidak dapat menemukan waktu lain.

Bergoyang atau berayun

Para ibu yang mengayun-ayunkan bayi mereka supaya mereka cepat tidur, mengetahui secara insting bila gerakan berayun-ayun adalah hal yang sangat merelakskan.

Bates menggunakan cara ini sebagai metode yang sangat tepat dan disiplin untuk merelakskan sistem syaraf dan mata.

Untuk latihan ini, Anda perlu berdiri di depan jendela. Posisikan kaki Anda berjarak kira-kira sebahu dari jendela.

Lihatlah ke arah kejauhan, lurus ke depan tanpa menatap tajam. Menatap tajam berbeda dengan memandang secara sehat.

Ketika Anda menatap, Anda tidak mengejapkan mata, dan mengejap berarti memberi kesempatan pikiran Anda untuk beristirahat sejenak.

Lihatlah lurus ke depan, pusatkan pada bangunan atau obyek tertentu; ayunkan tubuh Anda dan alihkan beban tubuh Anda dari satu kaki ke kaki yang lain.

Lakukan ini dengan lambat, bergerak perlahan tanpa menghentak.

Pastikan untuk menjaga kedua kaki rata di atas lantai. Lakukan gerakan ini untuk beberapa menit, perhatikan bagaimana bangunan yang berhadapan dengan Anda ikut berayun bersama Anda. Perhatikan warna, bentuk, dan ukurannya.

Kemudian tutup kedua belah mata Anda dan lanjutkan berayun dengan irama yang sama. Pusatkan pemandangan pada mata pikiran Anda.

Perhatikan bahwa bangunan tersebut kini bergerak cepat melampaui Anda, ke arah kebalikan. Anda mungkin akan menemukan bahwa mata Anda mulai berair atau bercucuran, ini adalah suatu pertanda yang baik.

Untuk mengetahui informasi Metode Bates lebih lanjut, dan untuk mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pandangan mata secara natural, lihat situsnya www.seeing.org (Epochtimes/feb)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular