Oleh Lin Fan

Ulang tahun Falun Dafa Sedunia ke 17 jatuh pada 13 Mei tahun ini. Selain surat ucapan selamat dan pujian yang diberikan, banyak  anggota parlemen AS dan pejabat pemerintah, wakil organisasi masyarakat juga ikut tampil di depan kamera untuk mengekspresikan ucapan selamat dan dukungan mereka kepada para praktisi Falun Gong dalam perjuangan untuk mendapatkan kebebasan berkeyakinan.  Berikut komentar dan ucapan mereka.

“Kami terus menaruh perhatian besar terhadap perlakuan diskrininatif dan penganiayaan yang diderita praktisi Falun Gong. Dan Dewan Negara telah mengeluarkan laporan tentang Kebebasan Beragama Internasional yang di dalamnya menjelaskan bahwa para praktisi Falun Gong di Tiongkok terus mengalami penganiayaan yang dilakukan PKT. Ini merupakan salah satu isu penganiayaan HAM di Tiongkok yang menjadi perhatian besar kami.”  (Pejabat Deputi Asisten Sekretaris di Biro Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Tenaga Kerja di Departemen Luar Negeri AS, Scott Busby).

“Selamat Ulang Tahun ke 17 Falun Dafa Sedunia, selamat kepada kalian yang menjadi wakil dari  segala hal baik di dunia ini, kalian telah berupaya untuk menyebarkan injil kepada jutaan orang yang tidak saja berada di Tiongkok, tetapi kepada seluruh umat yang hidup di dunia. Sekali lagi selamat untuk kalian. Biarlah suara kebebasan itu terus bergema di seluruh bagian dunia.” (Matt Salmon, Ketua Tim Asia-Pasifik dari Komite urusan Luar Negeri DPR-AS).

“Semoga para praktisi Falun Gong tetap optimis menghadapi masa depan, kekerasan yang dilakukan PKT terhadap Falun Gong suatu hari nanti pasti berakhir dan mereka harus menerima  ganjaran hukuman atas tindakannya.” (Chairman Ekekutif Kongres Komisi Tiongkok (Congressional-Executive Commission on China) Chris Smith).

(Ki-ka): Matt Salmon, Chris Smith, Gerry Connolly dan Doug Lamborn. (foto Epoch Times)
(Ki-ka): Matt Salmon, Chris Smith, Gerry Connolly dan Doug Lamborn. (foto Epoch Times)

“Praktisi Falun Gong baik yang berada di daerah pemilihan saya maupun yang berada di seluruh wilayah AS, mereka adalah para  pejuang kebebasan yang perlu diteladan, Tiongkok membutuhkan mereka. Semua pihak seharusnya menghormati keyakinan yang mereka pilih, karena mereka memiliki hak untuk memilih jalan spiritual sebagai keyakinan mereka. Untuk itu, pemerintah tidak perlu bercampur tangan sampai menggunakan kekerasan. Pada hari yang berbahagia ini, saya mengucapkan selamat kepada seluruh teman-teman Falun Gong. Semoga perjuangan untuk memperoleh hak kebebasan terus berlanjut.” (Gerry Connolly selaku Anggota DPS-AS Komite Urusan Luar Negeri).

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada para praktisi Falun Gong dan saya sangat senang untuk mendukung perjuangan mereka.” (Alan S. Lowenthal, Anggota DPR-AS Komite Urusan Luar Negeri).

“Saya beruntung bisa menyaksikan pertunjukan musik dan tarian tradisional Tiongkok (Shen Yun) baru-baru ini. pertunjukan yang ditampilkan kelompok ini sangat indah, patut untuk ditonton karena mereka sangat bagus dalam menunjukkan kecintaan terhadap hal-hal ketradisian. dengan cara yang positif mereka berhasil menampilkan event-event dalam sejarah yang perlu diwariskan. Saya menghormati usaha keras, memuji keterampilan dan kontribusi mereka dalam setiap pertunjukan.” (Wakil Ketua Tim Kekuatan Strategis Komite Angkatan Bersenjata dari DPR-AS, Doug Lamborn)

“Saya ingin menyambut kalian pada  hari yang istimewwa ini, kita semua sedang berjuang untuk kebebasan, kebebasan beragama dan kebebasan berekspresi. Saya telah bertemu dengan beberapa orang praktisii Falun Gong yang mengalami penganiayaan PKT yang sekarang sudah berada di AS untuk menceritakan kepada masyarakat dunia tentang pengalaman mereka. Saya pikir bahwa menyuarakan hal ini menjadi sangat penting, karena tidak boleh membiarkan tindakan yang melanggar HAM lewat begitu saja tanpa diketahui orang. Saya berterima kasih atas keberanian mereka untuk membagi pengalaman, agar semua orang AS dan dunia mengetahui apa yang dilakukan PKT terhadap rakyatnya.” (Anggota Kongres AS, Barbara Comstock).

“Falun Gong perlu dilindungi, tak hanya di AS, tetapi di tempat lain termasuk Tiongkok juga perlu dilindungi. Kebebasan beragama merupakan bagian penting dari HAM, dan kita harus memberikan perhatian yang lebih khusus untuk itu. Selamat kepada seluruh praktisi Falun Gong ! Kami akan terus memperjuangkan hak-hak kalian yang juga merupakan hak-hak kita semua.” (Mantan anggota Kongres AS, Leslie Byrne).

“Kami gembira bisa turut menyampaikan selamat di hari ulang tahun Falun Dafa sedunia. Saya telah bekerjasama dengan sejumlah praktisi Falun Gong untuk waktu yang cukup lama, mengekspos penindasan dan teeror PT, dan turut memperjuangkan kebebasan beragama dan kebebasan spiritual. Falun Dafa adalah energi positif yang kuat. Saya berterima kasih kepada kalian semua yang telah melakukan pekerjaan yang bermanfaat.” (Mantan Duta Besar AS untuk Timor Leste, Grover Joseph Rees).

“Amnesti Internasional menaruh perhatian tinggi terhadap penganiayaan Falun Gong, dan masih terus melakukan upaya-upaya untuk menghentikannya. Yang paling penting adalah bahwa praktisi Falun Gong dalam memperjuangkan kebebsana beragama selama ini tidak pernah menggunakan kekerasan, bahkan mereka lakukan secara damai. Selamat kepada kalian ! Semoga kalian diberkati! (Direktur Advokasi Internasional untuk Amnesty International USA. T. Kumar). (sinatra/rmat)

Share

Video Popular