Selain situs video online milik Google yang bernama Youtube, juga ada layanan video online milik Facebook. Kini, raksasa teknologi lainnya, Amazon baru-baru ini juga meluncurkan sebuah layanan video online terbaru mereka.

Melansir situs teknologi BGR.com, Selasa, 10 Mei 2016 lalu, Amazon telah meluncurkan sebuah layanan video yang bisa digunakan oleh pengguna internet untuk mendapatkan royalty, sebuah layanan yang memungkinkan para kreator video untuk mendapatkan penghasilan lewat tiap postingan video mereka, entah itu sistem royalti lewat streaming bagi para anggota Amazon Prime, atau sistem bagi hasil lewat persewaan, pembelian, berlangganan, juga tampilan iklan, polanya mirip dengan YouTube Red.

Layanan terbaru Amazon ini dinamakan Amazon Video Direct (AVD), dalam layanan ini ada sebuah program reward AVD Stars, Amazon akan menanamkan 1 juta dolar AS per bulan dalam program reward ini, dan memberikan uang kepada beberapa judul yang paling banyak ditonton.

Dana yang digelontorkan akan dibagi antara 100 judul teratas yang tersedia di Video Direct. Untuk para kreator konten, mereka diharuskan membuat konten yang tersedia bagi para konsumen Amazon Prime agar dapat menerima dana yang dinamai Amazon program AVD Stars.

Dengan dilucurkannya layanan video online ini, bisa dipastikan AVD ini akan menjadi pesaing YouTube, Facebook dan pesaing kuat lainnya dengan produk sejenis. Selain itu, bisnis ritel onlinenya juga akan mendapatkan keuntungan langsung.

Amazon Video Direct-AVD persis seperti Trojan, membawa pengguna masuk ke Amazon, yang merupakan sebuah kerajaan perbelanjaan raksasa ini. Dan ini sekaligus menandai bahwa video online telah menjadi sebuah alat penting dalam medan perang ilmu pengetahuan dan teknologi, kata Peter Csathy, CEO Manatt Digital Ventures yang berbasis di L.A, Amerika Serikat. (Jhon/asr)

Share

Video Popular