Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (19/5/2016) merilis sebuah laporan mengenai hasil survei terhadap harapan hidup rata-rata penduduk dunia dari tahun 2000 s/d 2015, menemukan bahwa terjadi penambahan usia hidup rata-rata sebesar 5 tahun. Angka tersebut merupakan yang terbesar sejak tahun 1960.

Menurut statistik kesehatan tahunan yang disusun oleh 194 negara anggota WHO diketahui bahwa harapan hidup rata-rata bagi anak yang lahir pada tahun 2015 adalah 71.4 tahun, dengan perbandingan usia yang perempuan adalah 73.8 tahun dan yang lelaki adalah 69.1 tahun. Meskipun prospek harapan hidup itu sangat tergantung pada tempat kelahiran mereka.

Statistik kesehatan menunjukkan, anak-anak yang dilahirkan di 29 negara berpenghasilan tinggi memiliki harapan hidup rata-rata mencapai 80 tahun atau lebih. Tetapi bagi mereka yang dilahirkan di 22 negara yang terletak di bagian selatan gurun Sahara, Afrika harapan hidup rata-rata bahkan kurang dari 60 tahun.

Jepang memegang rekor usia hidup rata-rata paling panjang, yaitu 83.7 tahun. Harapan hidup rata-rata terpanjang bagi wanita Jepang adalah 86.8 tahun. Rekor untuk harapan hidup rata-rata terpanjang bagi kaum pria dipegang oleh Swiss, yakni 81.3 tahun.  Rekor untuk harapan hidup rata-rata terpendek dipegang oleh Sierra Leone. Usia rata-rata wanita penduduk Sierra Leone hanya 50.8 tahun dan prianya hanya 49.3 tahun.

Laporan juga menunjukkan bahwa 5 negara teratas yang memiliki harapan hidup rata-rata tertinggi adalah Jepang, Swiss, Singapura, Australia dan Spanyol. Sebaliknya 5 negara dengan harapan hidup rata-rata terendah adalah Sierra Leone, Angola, Republik Afrika Tengah, Chad dan Pantai Gading.

WHO mengatakan bahwa harapan hidup rata-rata penduduk dunia telah bertambah panjang sebanyak 5 tahun selama 15 tahun berjalan ini. meskipun harapan hidup rata-rata penduduk Afrika bertambah panjang hingga 9.4 tahun, bisa hidup mencapai usia 60 tahun. Tetapi itu karena adanya kenaikan pada tingkat ketahanan hidup anak-anak serta kemajuan dalam mengatasi penyakit  malaria dan HIV.  (sinatra/rmat)

Share

Video Popular