Oleh: Li Xi

Yang dimaksud dengan “6 hawa (Qi) beracun” (Liu Yin Xie Qi, 六淫邪氣) dalam ilmu Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) adalah “angin, dingin, panas, lembab, gerah, api”, dan racun lembab adalah salah satu di antaranya. Jika hawa beracun dalam tubuh terlalu besar, kerap membuat orang merasa mengantuk, kurang bersemangat, dan ketika racun lembab di dalam tubuh bereaksi dengan hawa beracun dari luar tubuh, maka akan mudah terjadi berbagai penyakit yang mengancam kesehatan kita.

Bagaimana hawa lembab di dalam tubuh manusia itu berasal? Jika Anda kerap mandi larut malam lalu beranjak tidur dengan rambut tidak dikeringkan, atau setelah berolahraga langsung mandi sebelum keringat dikeringkan, maka hawa lembab akan mudah masuk ke dalam tubuh. Masyarakat modern pada menggemari daging dan jarang makan sayuran, lama kelamaan sangat mudah melukai lambung dan limpa, menyebabkan air dan hawa lembab tidak dapat tersalur sempurna, mengakibatkan tubuh berubah menjadi lembab. Orang yang hawa lembab tubuhnya sangat kuat, ibarat di hari hujan mengenakan pakaian basah, tubuh akan terasa berat dan tidak nyaman.

Hawa lembab disebut juga racun paling membahayakan. Para tabib PTT paling khawatir jika menghadapi racun lembab ini, karena racun lembab paling rumit, karena ketika hawa lembab ini bertemu dengan hawa dingin akan menjadi dingin lembab, dan ketika bertemu dengan panas maka akan menjadi panas lembab, sedangkan jika bertemu dengan angin akan menjadi angin lembab, jika hawa lembab bercokol di bawah kulit akan terjadi kegemukan.

Lalu bagaimana kita mengetahui apakah di dalam tubuh kita terdapat hawa lembab atau tidak? Cara yang paling mudah adalah melihat kotoran atau BAB kita, jika kotoran tidak berbentuk atau BAB berupa cairan/mencret dalam waktu lama, maka dipastikan di dalam tubuh terdapat hawa lembab, atau amati lidah Anda, jika lidah kekuningan dan berminyak, juga merupakan tanda-tanda terdapat hawa lembab di dalam tubuh.

Hawa lembab masuk ke tubuh manusia lewat 5 jalur utama:

1. Titik akupunktur Da Chui di bagian pundak dan leher: Umumnya hawa lembab yang masuk lewat titik ini akan membuat sakit pada pundak dan leher, bahu beku atau kaku, sakit pada leher, kerap terjadi pusing dan sakit kepala, insomnia dan sering mimpi buruk.

2. Titik akupunktur Shan Zhong di dada: Hawa lembab jika masuk dari dada akan mengakibatkan pembengkakan dan nyeri pada bagian payudara, tumor fibroma payudara, dan lain-lain.

3. Titik akupunktur Shen Que di bagian pusar: Hawa lembab yang masuk dari bagian pusar ini mudah terakumulasi di dalam panggul, bagi kaum wanita akan menyebabkan penyakit ginekologi.

4. Titik akupunktur Ming Men pada bagian pinggang: Hawa lembab yang masuk dari bagian pinggang akan menyebabkan nyeri punggung dan pinggang, pinggang akan terasa sakit dan ngilu serta ginjal melemah.

5. Titik akupunktur Yong Quan dari telapak kaki: Hawa lembab umumnya masuk ke dalam tubuh lewat titik Yong Quan dan mengalir naik ke atas, menyebabkan nyeri sendi lutut, nyeri reumatik dan lain sebagainya.

Seberapa parah hawa lembab di tubuh Anda?

Hawa lembab tingkat satu: Di bawah kulit

Ciri-ciri: Kulit gatal, timbul eksim.

Hawa lembab tingkat dua: Pada otot .

Ciri-ciri: Tubuh terasa pegal, letih, lesu, tidak bersemangat, leher terasa tebal, mengantuk, lutut dan pinggang kurang bertenaga.

Hawa lembab tingkat tiga: Pada tulang .

Ciri-ciri: Sakit pundak dan leher, pundak terasa kaku, nyeri pinggang, sakit sendi reumatik, sakit sendi ketika terjadi perubahan cuaca.

Hawa lembab tingkat empat: Pada organ tubuh.

Ciri-ciri: Timbulnya penyakit pada rahim, indung telur, limpa, lambung, dan lain-lain.

Dua titik akupunktur untuk hilangkan lembab

Di dalam tubuh kita terdapat dua titik akupunktur untuk menghilangkan hawa lembab ini, setiap pagi dan malam dipijat selama 3-5 menit akan dapat menghilangkan hawa lembab tersebut!

1. Titik akupunktur Yong Quan

Posisi: 1/3 dari cekungan depan telapak kaki. Saat Anda menekukkan jari kaki sekuat tenaga, cekungan yang muncul pada bagian depan telapak kaki Anda adalah titik Yong Quan. Pijatlah titik Yong Quan setiap pagi dan malam hari untuk mencegah menyusupnya hawa lembab. Tiap hari pagi dan malam pijat selama 3-5 menit.

2. Titik akupunktur Yin Ling Quan

Posisi: Di bagian dalam betis, pada cekungan bagian belakang bawah sisi dalam tulang kering, berhadapan dengan titik akupunktur Zu San Li.

Titik Yin Ling Quan adalah titik akupunktur meridian limpa, berfungsi menghilangkan panas lembab, menyehatkan limpa dan menyelaraskan Qi (energi vital tubuh), memperkuat ginjal dan memperlancar aliran darah, menghilangkan racun lembab harus dilakukan dengan cara menyehatkan dan memperkuat limpa. Setiap hari pagi dan malam pijatlah titik ini selama 2-3 menit. (Epochtimes/Sud/Yant)

Share

Video Popular