Oleh: Su Yang

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini merilis sejumlah foto komet 252P/ LINEAR yang melintasi Bumi dalam jarak dekat. Ini merupakan komet ke-5 yang melintasi Bumi dalam jarak dekat yang berhasil ditangkap telekop Hubble baru-baru ini.

Foto komet hijau 252P/LINEAR yang melintasi Bumi dalam jarak dekat yang dirilis NASA pada 13 Mei lalu itu merupakan serangkaian foto yang berhasil ditangkap telekop Hubble pada 4 April lalu.

Dalam gambar yang dirilis NASA, diperlihatkan ada pancaran debu antariksa dimuntahkan dari sang komet. Debu itu dimuntahkan langsung dari inti komet yang mengandung komponen es nan rapuh.  Melansir situs NASA, inti komet itu sangat kecil sehingga Hubble tidak bisa menangkapnya. Tim astronom pun meyakini ukurannya kurang dari 1,6 kilometer.

Komet 252P/LINEAR saat ini sedang terbang menjauhi Bumi dan akan kembali ke arah planet ini pada 2021 sesuai orbit yang ‘menariknya’ lagi ke dalam sistem tata surya. Namun di masa depan komet ini tidak akan berada di jarak yang dekat seperti sebelumnya.

Komet 252P/LINEAR ke-5 dekat Bumi ini melintasi Bumi dalam jarak paling dekat pada 21 Maret lalu, jarak terdekat saat mendekati Bumi hanya 0.0356AU, atau sekitar 3,3 juta mil, adalah 14 kali (14LD) jarak Bumi – bulan. Komet 252P / LINEAR adalah sebuah komet dengan siklus yang pendek, kira-kira setiap 5,32 tahun mengelilingi matahari, dan siklus dekat bumi kali ini adalah yang paling dekat jaraknya dalam 200 tahun terakhir. (Epochtimes/joni/rmat)

https://www.youtube.com/watch?v=HzztlZDR5xQ&feature=youtu.be

Share

Video Popular