Penelitian baru menunjukkan wanita usia lanjut yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk akan meninggal lebih dini dibanding dengan rekannya yang paling aktif melakukan kegiatan fisik.

Penelitian baru terhadap sekitar 93.000 wanita pasca menopause menunjukkan wanita yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk dan beristirahat berleha-leha tapi tidak tidur —telah meningkatkan rata-rata kematian dini.

Dipublikasikan secara online di American Journal of Preventive Medicine, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang duduk lebih dari 11 jam setiap hari berisiko 12 persen lebih tinggi mengalami kematian dini dibanding dengan wanita yang paling energik yang hanya menggunakan empat jam atau kurang dari waktunya untuk tidak melakukan aktivitas.

Kelompok wanita yang duduk dalam waktu yang lama juga menaikkan peluangnya 13 persen meninggal akibat penyakit kardiovaskular, 27 persen meninggal akibat penyakit jantung koroner, dan 21 persen meninggal akibat kanker.

“Asumsinya adalah walaupun Anda menghabiskan sejumlah besar waktu untuk duduk setiap hari tapi Anda sehat dan aktif secara fisik maka Anda akan terlindung dari kematian dini, dibanding mereka yang menghabiskan sejumlah besar waktunya untuk duduk setiap hari tanpa melakukan aktivitas fisik” kata Rebecca Seguin, seorang asisten profesor ilmu gizi di Universitas Cornell.

Mengembalikan massa otot atau kehilangan massa atot

Wanita yang menghabiskan sejumlah besar waktunya untuk duduk berleha-leha tanpa melakukan aktivitas fisik lebih sulit untuk mendapatkan kekuatan fisik dan fungsinya kembali. Wanita mulai kehilangan massa ototnya pada usia 35 tahun, perubahan ini dipercepat oleh menopause.

Olahraga yang teratur, terutama latihan angkat beban dan latihan kekuatan-membangun otot lainnya, membantu untuk mengembalikan massa otot, tetapi penelitian menunjukkan bahwa melakukan banyak gerakan di sela-sela kesibukan di kantor sehari-hari adalah penting untuk menjaga kesehatan.

” Mengembalikan massa otot atau kehilangan massa otot, “Seguin berkata. “Kita memiliki banyak kenyamanan modern dan teknologi yang tampaknya membuat kita menjadi lebih efisien, tapi juga mengakibatkan penurunan aktivitas dan berkurangnya kemampuan untuk melakukan banyak hal. Wanita perlu menemukan cara supaya tetap aktif. “

Dimulai pada usia pertengahan dan bahkan usia yang lebih muda, wanita dapat melakukan perubahan kecil yang menghasilkan perbedaan besar.

“Jika Anda berada di kantor, maka berdiri dari kursi Anda dan bergeraklah di sekitar ruangan. Jika Anda telah pensiun dan memiliki lebih banyak waktu menganggur, bergeraklah di dalam dan di luar rumah, “kata Seguin. “Berdirilah dari bangku di sela-sela acara TV, berdiri dan beristirahatlah sejenak dari depan komputer dan membaca buku, dan sadarlah akan bahaya duduk terlalu lama.”

Penelitian oleh Women’s Health Initiative Study dilakukan pada wanita yang berusia 50 tahun sampai 79 tahun yang diteliti selama lebih dari 12 tahun. (Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular