Jika Anda memiliki anak mengalami kesulitan dengan pekerjaan sekolah atau Anda merasa bahwa dia tidak memiliki kemampuan pada tingkat normal, maka Anda mungkin agak khawatir. Nah, meskipun cukup umum ada beberapa anak-anak untuk mengembangkan kemampuan belajar tertentu lebih lambat dari rata-rata, itu menjadi masalah jika ada kesulitan yang signifikan atau keterlambatan belajar dalam sebagian besar hal-hal yang dianggap normal untuk pertumbuhan anak.

Ketidakmampuan belajar adalah suatu kondisi di mana anak-anak yang mengalami kesulitan untuk menerima dan memproses informasi dengan cara yang normal. ketidakmampuan belajar dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti keturunan, komplikasi kesehatan selama kehamilan atau persalinan, kelahiran prematur, alkohol dan penyalahgunaan narkoba oleh ibu selama kehamilan, cedera kepala, dan sebagainya.

Berikut beberapa tanda awal ketidakmampuan anak dalam belajar yang perlu dikenali para orangtua.

1. Jika seorang anak memiliki kesulitan dalam berbicara atau mengucapkan beberapa kata yang mudah bahkan setelah anak telah mencapai usia tertentu.

2. Jika anak memiliki kesulitan yang ekstrim dalam membaca hal-hal yang sederhana,sementara anak –anak lain, yang seusianya mudah untuk membaca.

3. Tanda lain ketidakmampuan anak dalam belajar adalah ketika anak-anak mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dan fokus pada satu hal, selama lebih dari 5 menit. Ini bisa menjadi tanda yang pasti dari ADHD (attention deficit hyperactivity disorder= hiperaktif).

4. Menghadapi kesulitan dalam mempelajari kata-kata baru atau frase, bahkan setelah banyak latihan dan bantuan.

5. Anak mengalami kesulitan dalam menulis kalimat-kalimat pendek dan kata-kata atau jika anak mengalami kesulitan dalam memegang pensil dan krayon.

6. Jika anak mendapat kesulitan dalam mengikuti petunjuk yang diberikan, misalnya, tidak bisa merespon atau bertindak ketika dia diberi tugas di sekolah.

7. Jika anak mengalami kesulitan dalam beberapa hal seperti, mengatakan perbedaan antara dua warna, perbedaan bunyi, rasa, dan sebgainya, itu dapat menjadi tanda penting lain dari ketidakmampuan belajar dari anak.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular