Oleh: Olga Martinez

Banyak dijual shampo “organik” yang bebas dari SLS, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya, tetapi masih saja mengandung pengental, pengawet, dan agen antibeku sintetis sehingga tidak cepat kadaluarsa.

Bagaimana kerja rambut ?

Lapisan luar dari rambut disebut kutikula yang berupa lapisan sisik yang saling tumpang tindih, mirip seperti sisik ikan atau susunan atap genteng. Kutikula membungkus batang rambut dan melindunginya.

Ketika kutikula utuh, rambut akan terasa halus dan terlihat mengkilap, karena lapisan yang utuh dan cahaya dipantulkan kutikula.

Tetapi ketika kita mencuci rambut dengan shampo yang mengandung bahan kimia, lapisan kutikula akan terbuka, membuat rambut terasa kasar dan rapuh. Rambut cenderung menyerap cahaya daripada memantulkan cahaya, sehingga rambut tampak kusan dan tidak bercahaya.

Berikut 9 resep shampo alami yan sebagian besar bahan-bahan dapat ditemukan di rumah Anda. Anda akan perlu untuk mempertimbangkan meskipun bahwa shampoo alami tidak berbusa setebal shampo komersial.

1. Shampo alami dalam bentuk batangan

Orang zaman dahulu menggunakan sabun alami untuk mencuci kulit dan rambutnya.

Shampo batangan yang dijual di pasaran terbuat dari minyak khusus yang sesuai jenis dengan jenis rambut, seperti minyak jarak, minyak kelapa atau minyak jojoba.

Kelebihan: Shampo batangan sangat nyaman dipakai ketika bepergian karena Anda tidak perlu membawa botol shampo cair.

2. Jus lemon atau cuka sari apel

Zaman dahulu, orang membersihkan kotoran dan minyak dari rambutnya dengan cara membilas memakai air jus lemon. Karena harga jus lemon sangat mahal di beberapa negara, maka orang menggunakan cuka sari apel.

Cuka sari apel berfungsi sebagai shampo dan conditioner.

Cuka sari apel adalah tonik yang mengembalikan keseimbangan pH alami rambut dan menutup kutikula sehingga rambut terasa lembut dan berkilau serta mencegah gatal-gatal pada kulit kepala, karena cuka sari apel melancarkan sirkulasi darah. Cuka sari apel juga bagus untuk rambut kusut, karena kutikula tertutup maka rambut menjadi mudah disisir.

Petunjuk:

Encerkan ½ sampai 1 sendok makan cuka sari apel dengan satu cangkir air. Lipatgandakan takaran tersebut sesuai dengan panjang rambut Anda.

Cara membuat cuka sari apel:

Jika Anda makan apel, masukan sisa apel yang tidak dimakan ke dalam wadah yang diisi air. Simpan wadah tanpa ditutup di dalam lemari yang gelap selama beberapa minggu. Setelah itu siap untuk digunakan.

3. Baking soda kemudian bilas dengan cuka sari apel

Mencuci rambut dengan baking soda dan cuka sari apel adalah kombinasi yang bagus untuk membersihkan dan merawat semua jenis rambut, karena keduanya membersihkan rambut dari bahan kimia yang berbahaya, terutama yang terkandung di dalam pewarna rambut buatan.

Baking soda juga dikenal sebagai natrium bikarbonat atau natrium hidrogen karbonat.

Petunjuk:

Campur 1 atau 2 sendok teh baking soda dengan air dalam mangkuk plastik, kemudian terapkan pada rambut. Kemudian bilas rambut dengan air.

Tambahkan 1/2 atau 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air, kemudian bilaskan pada rambut. Lipatgandakan angka tersebut sesuai kebutuhan.

Anda dapat membuat pasta dengan menambahkan sedikit air dan satu sendok makan baking soda, kemudian pijatkan pada kulit kepala untuk melancarkan sirkulasi darah dan membersihkan pori-pori kulit kepala.

Tip:

Baking soda bukanlah pembersih yang efektif bila dicampur dengan air sadah (karena air sadah mengandung mineral yang tinggi). Jika anda tinggal di daerah yang menggunakan air sadah, maka rebuslah air selama 10 menit, tunggu sampai air menjadi dingin, kemudian campur dengan baking soda

4. Telur mentah

Semua protein yang terkandung di dalam telur memberi zat gizi untuk rambut dan membuat rambut menjadi halus dan mengkilap. Tapi rambut menjadi sedikit berantakan dan bau, sehingga sulit diterapkan jika Anda bepergian.

Petunjuk:

Pecahkan sebutir telur mentah yang utuh dan oleskan ke kulit kepala dan keseluruhan panjang rambut.

Biarkan selama 1 sampai 5 menit sampai benar-benar menyerap ke dalam rambut.

Bilas rambut dengan air, kemudian bilas dengan cuka sari apel (tambahkan 1/2 atau 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air) supaya rambut tidak bau telur. Jika Anda berambut pirang, bilas dengan rebusan teh camomile.

5. Bir

Sama seperti cuka sari apel, bir berfungsi sebagai tonik supaya rambut makin bercahaya dan mengembang. Protein hop dan malt yang terkandung di dalam bir untuk memperbaiki rambut rusak.

Resep ini juga dianjurkan untuk rambut keriting.

Petunjuk:

Gunakan sebagai bilasan akhir setelah Anda memakai shampo alami. Gunakanlah bir yang telah dibuka tutupnya yang disimpan pada suhu kamar selama satu atau dua hari.

Biarkan bilasan bir bekerja pada rambut selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat, jangan mengggunakan air panas.

6. Air cucian beras

Mencuci rambut dengan air cucian beras merupakan perawatan rambut yang sangat kuno.
Simpan air cucian beras dalam botol dan encerkan dengan air, kalau tidak, maka rambut akan dipenuhi tepung.

7. Sabun castile cair dicampur dengan santan kelapa

Mencuci rambut dengan shampo batangan atau sabun castile cair akan membuat rambut menjadi sedikit kering dan kasar.

Itulah sebabnya mengapa dianjurkan untuk mencampur sabun castile cair dengan santan kelapa.
Santan kelapa adalah surfaktan alami (membantu minyak bercampur dengan air) dan menambahkan sedikit busa.

Petunjuk:

Tambahkan 3 sendok makan sabun castile cair ke dalam ½ cangkir santan kelapa. Yang terbaik adalah baca label dan beli produk yang tidak mengandung tambahan gula atau pengawet.

Anda juga dapat menambahkan: (tidak wajib)

  • 10-15 tetes minyak atsiri untuk menambah aroma favorit
  • 2 sendok teh santan kelapa yang dilelehkan atau minyak zaitun supaya rambut lebih bersinar
  • 1 sendok makan gel lidah buaya sebagai pelembab ekstra
  • 2 sendok teh gliserin sayuran juga sebagai pelembab ekstra

Karena campuran sabun castile cair dengan santan kelapa hanya tahan selama seminggu, maka dianjurkan untuk menyimpannya dalam porsi kecil. Caranya, tuangkan campuran tersebut ke dalam cetakan es batu atau kue. Bekukan dalam mesin pendingin (freezer). Sehari sebelum mencuci rambut, anda harus mencairkan bekuan tersebut sebatas yang anda butuhkan.

Jika Anda tinggal di tempat yang tidak kelapa, Anda dapat menggunakan susu sapi, yang merupakan pelembab kulit yang baik.

Catatan:

Campurkan maksimal 3 sendok makan sabun castile dengan setengah gelas susu sampai segelas susu.

8. Susu dan madu

Susu dan madu mempunyai khasiat sebagai pembersihan alami dan bersifat antimikroba. Campuran susu dengan madu berguna untuk membersihkan, merawat, dan melembabkan rambut.

Petunjuk:

Campur 2 sendok makan madu dengan ¼ gelas susu.

Tip:

Jika Anda akan bepergian, siapkan madu dan susu masing-masing dalam botol. Ketika Anda memerlukannya, tuangkan masing-masing madu dan susu ke dalam botol kosong lainnya dan dan kocok hingga rata.

9. Shampo kering

Jika Anda diburu waktu untuk menghadiri suatu pertemuan, atau sedang dalam perawatan di rumah sakit, atau tidak memiliki air panas, atau hemat air dan listrik, dan tidak punya waktu atau kesempatan untuk mencuci rambut, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan shampo kering.

Yang Anda lakukan adalah menerapkan tepung oatmeal, tepung umbi garut atau tepung jagung selama beberapa menit di kulit kepala Anda karena berfungsi untuk menyerap minyak pada kulit kepala. Kemudian sikat rambut untuk menghilangkan tepung tersebut.

Petunjuk:

Campur tepung oatmeal, tepung umbi garut atau tepung jagung organik (tanpa rekayasa genetik) dalam wadah. Taburkan pada kulit kepala. Pijat kulit kepala dan biarkan tepung tersebut selama beberapa menit sehingga dapat menyerap minyak. Kemudian sikat rambut sampai tak ada lagi tepung pada rambut.

Anda dapat menambahkan minyak atsiri favorit Anda untuk menambah aroma.

Jika Anda berambut coklat, Anda dapat menambahkan bubuk kakao bebas gula atau kayu manis ke dalam tepung jagung. Wangi rambut Anda akan menakjubkan!

Cuka sari apel sebagai conditioner

Sebaiknya setelah mencuci rambut dengan shampo apa pun, dianjurkan untuk bilas dengan cuka sari apel (atau cuka lain jika Anda tidak memiliki cuka sari apel).

Petunjuk:

Setelah selesai mencuci rambut dengan shampo alami, bilas dengan cuka. Pijat kulit kepala dan rambut (terutama ujungnya) dengan cuka. Biarkan selama beberapa menit.

Banyaknya cuka yang harus diencerkan dengan air tergantung pada jenis rambut dan kondisi air daerah Anda. Umumnya, ½ sampai 1 sendok makan cuka sari apel dicampur dengan satu cangkir air.

Anda dapat memilih untuk membilas rambut secara cepat hanya dengan air saja, atau bilas dengan cuka seperti yang dianjurkan untuk rambut panjang karena membuat rambut tidak kusut.

Ketika rambut masih basah, maka akan tercium sedikit bau cuka, tetapi ketika rambut sudah kering, semua bau cuka akan hilang.

Tip:

Simpanlah cuka sari apel dalam botol plastik kecil di kamar mandi. Beri dua garis tanda di botol kosong lainnya, satu garis untuk batas cuka, satu garis lainnya untuk batas air. Tuang cuka dan air sesuai batas masing-masing dan kocok. Siap dipakai.

Tambahkan herbal atau minyak atsiri dalam botol cuka:

Anda dapat menambahkan minyak atsiri atau rempah segar ke dalam botol cuka untuk mendapatkan aroma shampo atau conditioner yang Anda inginkan.

  • Semua jenis rambut: 6-8 tetes minyak rosemary, lemon atau teh.
  • Rambut berminyak: 6-8 tetes minyak lavender, cendana.
  • Kulit kepala kering dan berketombe: 6-8 tetes minyak peppermint, kayu putih atau sage.Catatan Umum:

Jika Anda menggunakan shampo non alami, ada waktu di mana rambut terasa lebih berminyak dari biasanya. Diperlukan waktu 2 atau 3 minggu untuk rambut kembali tidak terlalu berminyak dan keseimbangan pH.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular