Obama mulai Sabtu (21/5/2016) lalu meninggalkan Amerika untuk melakukan perjalanan ke Asia yang ke 10 kalinya  sejak ia menjabat sebagai presiden. Ia sekarang sedang berada di Vietnam untuk selanjutnya terbang ke Jepang. Senin (23/5/2016) kemarin di Vietnam Obama mengumumkan penghapusan embargo senjata  terhadap negara itu.

Ia bersama koki ternama Anthony Bourdain mengunjungi rumah makan sipil untuk menikmati bihun khas Vietnam. Bourdain sampai memuji keterampilan Obama dalam menggunakan sumpit.

Situs jejaring sosial Gedung Putih kemudian merilis foto keduanya yang sedang duduk berhadapan di dalam rumah makan sederhana bernama Bún chả Hương Liên. Di atas meja mereka terlihat juga 2 botol bir Vietnam. Mereka duduk di bangku plastik terlihat sedang berbincang-bincang. (sinatra/rmat)

Obama dan Bourdain menikmati makanan bihun khas Vietnam. (Anthony Bourdain)
Obama dan Bourdain menikmati makanan bihun khas Vietnam. (Anthony Bourdain)

Gedung Putih mengabarkan bahwa topik perbincangan mereka akan disiarkan dalam acara pariwisata kuliner ‘ Anthony Bourdain Parts Unknown’ di CNN pada September mendatang. Bourdain juga mengunggah fotto kedua orang dalam rumah makan itu di akun Facebook-nya dan memuji keterampilan Obama makan bihun pakai sumpit.

Kemunculan 2 orang tersebut di rumah makan sipil yang sederhana itu menarik kerumunan besar warga di depan rumah makan. Usai makan Obama keluar dari rumah makan itu sambil menyalami warga yang masih antusias menonton adegan yang mungkin tak pernah terjadi lagi.

Kabarnya, malam itu mereka menghabiskan 6 Dollar AS (+/- Rp 80.000 ) di rumah makan itu, dan Bourdain yang membayar tagihan. Ini bukan untuk yang pertama kalinya Obama berpartisipasi dalam syuting dari reality show TV. tahun lalu, ia juga ikut ke Alaska bersama Bear Grills untuk syuting film televisi NBC yang berjudul “Running Wild With Bear Grylls.”

Misua berdaging panggang (Bun Cha) adalah makanan pinggir jalan yang digemari oleh warga sipil Vietnam utara. Cara makannya adalah, misua dimasukkan ke dalam kuah ikan yang berisi potongan pepaya hijau kemudian dimakan bersama selada dan daging panggang. Karena harganya yang tidak mahal, 1 porsi +/- 1.5 Dollar AS, rasanya pun enak sehingga menjadi salah satu makanan populer di Vietnam. (sinatra/rmat)

Masakan khas Vietnam Bun cha. (foto internet)
Masakan khas Vietnam Bun cha. (foto internet)

Share

Video Popular