Oleh CNA Hanoi

Presiden AS Obama tiba di Hanoi, Senin (23/5/2016)  untuk memulai kunjungannya selama 4 hari di Vietnam. Kepala negara kedua negara pada hari ini juga menandatangani sejumlah perjanjian kerjasama, termasuk Vietnam akan membeli 100 unit pesawat Boeing 737MAX yang bernilai sekitar USD11.3 miliar.

Obama merupakan presiden AS ketiga yang mengunjungi Vietnam sejak normalisasi hubungan dan  kunjungan ini mencerminkan hubungan yang semakit dekat antar kedua negara tersebut. Presiden Vietnam Tran Dai Quang menyambut kunjungan Obama di Istana Presiden. Setelah mereka  mengadakan pembicaraan tertutup yang berlangsung sekitar 1 jam. Kedua kepala negara menyaksikan penandatanganan sejumlah perjanjian kerjasama oleh menteri yang relevan dari kedua negara tersebut.

Perlu iketahui bahwa perusahaan penerbangan Vietnam telah menandatangani sebuah kontrak pembelian 100 unit pesawat penumpang jenis Boing 737MAX yang bernilai sebesar USD. 11.3 miliar.  Perusahaan Boeing akan menyerahkan pesawat itu secara bertahan mulai 2019 hingga 2023.

Jadwal kunjungan Obama di Vietnam cukup padat, sehabis mengikuti upacara penyambutan dan berbicara dengan Tran Dai Quang, ia langsung pertemuan terpisah dengan Ketua Majelis Nasional ietnam Nguyen Thi Kim Ngan, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc dan Sekjen. Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong.

Obama rencana akan berpidato tentang hubungan antara kedua negara di Gedung Pusat Konferensi Nasional pada Selasa (24/5/2016) hari ini dan sore harinya akan terbang ke kota Ho Chi Minh untuk bertemu dengan para pengusaha yang bergabung dalam YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative).

Obama akan meninggalkan Vietnam dan terbang ke Jepang pada Rabu (25/5/2016) esok untuk menghadiri KTT G7 di Ise Shima pada 26-27 Mei 2016. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular