Oleh CNA Washington DC

Perwakilan ROC untuk Amerika Stanley Kao akan mulai bertugas pada Juni. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner mengatakan bahwa pemerintah AS dengan gembira menyambut kedatangan Stanley Kao dan mengucapkan selamat atas pengangkatannya sebagai perwakilan ROC untuk Amerika. Juga selamat atas penunjukannya sebagai Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei untuk AS.

Mark Toner mengucapkan hal di atas dalam konperensi pers rutin sore hari itu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh wartawan Hongkong.

Pertanyaan diajukan wartawan, dalam pengumuman pemerintah Taiwan telah disebutkan bahwa seorang kandidat perwakilan ROC untuk AS sudah terpilih, tetapi dalam pernyataan Presiden Tsai Ing-wen tentang penunjukan Stanley Kao ia menggunakan titel Duta Besar. Menurut kebijakan ‘Satu Tiongkok’ yang diberlakukan AS, karena antara AS dengan Taiwan tidak ada hubungan bilateral resmi. Jadi apakah Taiwan bisa mengangkat seorang ‘duta besar’ untuk AS atau hanya perwakilan?

Dalam hal ini Mark Toner hanya menjawab secara singkat bahwa tidak menggunakan titel duta besar begitu pula perwakilan. Ia mengatakan bahwa pemerintah berharap dan menyambut gembira kedatangan tuan Stanley Kao ke Amerika. Pemerintah AS akan mengucapkan selamat atas pengangkatan beliau sebagai Ketua Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei untuk AS. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular