Oleh: Vanessa Wilkerson

Kehdiupan kita penuh dengan pikiran negatif yang hampir tak terhindarkan. Jaringan berita setiap hari lebih memusatkan perhatian pada drama negatif di dunia daripada menonjolkan berita dunia yang baik.

Pikiran negatif menguras energi Anda

Stres dan kecemasan, yang tak berkesudahan, sering menyebabkan pikiran negatif.

Menonton sebagian besar program televisi hari ini, terutama berita, hanya menambah tingkat stres sehingga kita cenderung berpikir negatif.

Sangat disayangkan sebagian besar orang cenderung memusatkan perhatian pada apa yang tidak benar dalam hidupnya, daripada memperhatikan apa yang telah dilakukannya dengan benar.

Kita bukannya bersyukur pada apa yang telah kita dapatkan supaya membawa sukacita dan kelimpahan ke dalam hidup kita, tapi kita malah terpaku pada apa yang tidak kita punyai. Akibatnya sebagian besar waktu kita habiskan untuk mengeluh. Sebagian besar keluhan itu seputar masalah pernikahan, berat badan, bos, pekerjaan atau kesehatan yang buruk, yang seakan-akan hanya karena itulah kekuatan yang kita miliki untuk berubah.

Ironisnya, pikiran negatif menguras banyak energi daripada menerapkan solusi masalah yang ada.

Ketika kita menerima ini “kenyataan” negatif atau terus berkutat seputar itu, kita tidak akan bijaksana untuk mewujudkan banyak hal yang lebih baik daripada tenggelam dalam pikiran negatif selama kehidupan kita. Kita bersandar pada Hukum Alam!

Apakah Anda sering mengungkapkan ketidakpuasan hidup Anda dan diri Anda sendiri; yang kemudian menyeret kepada alasan mengapa Anda tidak dapat mengubah pikiran negatif Anda?

Apakah Anda mengatakan atau memikirkan hal seperti ini: “Aku terjebak dalam kesibukan pekerjaan ini,” “Pernikahan saya tidak bahagia,” “Aku tidak mampu menurunkan berat badan,” atau “Saya memiliki banyak penyakit, karena itu saya dapat (___) “? HENTIKAN PIKIRAN NEGATIF ANDA!. Ubahlah rekaman negatif yang tersimpan dalam otak Anda menjadi pikiran yang positif.

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan

5-Cara-untuk-Mengubah-Pikiran-Negatif2_tips

Adalah sangat penting untuk mengubah pikiran negatif Anda. Ini membutuhkan usaha. Mengapa? Seringkali, ketika seseorang terperangkap dalam pikiran yang sangat negatif, sulit untuk menarik diri keluar dari pikiran negatif karena kebiasaan pola pikir kita telah tertanam pada jalur saraf dari waktu ke waktu.

Semakin dalam alur pikiran negatif itu disimpan, maka semakin menantang untuk mengubahnya menjadi pikiran yang positif.

Ketika Anda terperangkap dalam pikiran negatif, maka pilihan yang penting tergantung pada anda sendiri, apakah anda menemukan sisi positif dari masalah tersebut, atau malah Anda terperangkap dalam pikiran negatif yang makin menjadi-jadi.

Pikiran adalah penipu, selalu berkelana, dalam meditasi sering disebut sebagai “pikiran monyet.” Semakin cepat anda berteman dengan pikiran Anda, maka Anda akan semakin bahagia.

Sekarang ini bukan waktunya untuk berpikir bahwa menjinakkan pikiran adalah hal yang mustahil dilakukan—kesalahan Anda adalah, Anda tidak memiliki disiplin untuk mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Ingatlah selalu bahwa: apa yang Anda percaya dan apa yang Anda fokuskan akan menjadi kenyataan. Temukan kekuatan Anda dan jangan menyerah pada kelemahan Anda.

Kesempurnaan bukanlah tujuan; ketekunan adalah yang terpenting. Seiring dengan berjalannya waktu, kekuatan Anda akan meningkat, dan Anda akan semakin berhasil.

Cara praktis untuk mengubah cara berpikir Anda

1. Beri makan pikiran Anda setiap hari: buku atau audio yang memotivasi diri Anda sendiri

Membaca adalah sangat bermanfaat, jadi pastikan Anda membaca sebanyak yang Anda mampu. Walaupun Anda hanya membaca satu atau dua halaman setiap hari itu adalah berharga. (JazminQuaynor / unsplash)
Membaca adalah sangat bermanfaat, jadi pastikan Anda membaca sebanyak yang Anda mampu. Walaupun Anda hanya membaca satu atau dua halaman setiap hari itu adalah berharga. (JazminQuaynor / unsplash)

Kuncinya adalah banjiri pikiran positif pada otak Anda!

Camkan kata-kata bijak ke dalam pikiran Anda minimal 20-30 menit setiap hari mengenai bagaimana menjalani kehidupan yang bermakna dan memuaskan. Pesan yang konsisten mengenai bagaimana Anda ini, seperti yang telah dilakukan oleh banyak orang lain, dapat menciptakan kehidupan yang Anda inginkan, akan meningkatkan kekuatan dan keyakinan Anda bahwa Anda dapat mencapai apa yang Anda inginkan dalam hidup ini, dan akan memberi langkah-langkah yang harus Anda tempuh. Hal ini akan memberikan hikmah untuk membantu Anda melihat berkat dan kesempatan dalam hidup, di antara hambatan yang ada.

Carilah ajaran yang memusatkan perhatian pada pikiran yang murni positif dari para pemimpin bisnis, motivator, atau guru spiritual. Bacalah buku dan dengarkan audio dari orang yang memberi pengaruh positif kepada Anda untuk jangka panjang.

Beberapa penulis terkenal yang menulis buku bagaiman mengubah hidup adalah: Zig Zigler, Esther dan Jerry Hicks, Napoleon Hill, Stephen Covey, Maxwell Maltz, Dale Carnegie, Wallace Wattles, Louise Hay, dan Carolyn Myss.

Membaca adalah sangat bermanfaat, jadi pastikan Anda membaca sebanyak yang Anda mampu. Walaupun Anda hanya membaca satu atau dua halaman setiap hari itu adalah berharga. Meditasi dipandu oleh ahlinya juga sangat membantu.

Audio memainkan peranan khusus seperti “menjembatani kesenjangan” bagi orang dengan keterbatasan waktu, yang hampir terjadi pada semua orang. Ketika seseorang sibuk, perhatian untuk diri sendiri sering yang pertama kali yang diabaikan. Anda dapat mendengarkan audio sambil melakukan tugas lain yang tidak membutuhkan otak untuk berpikir.

Misalnya, Anda dengan mudah mendengarkan audio setiap pagi dan atau setiap malam sambil mempersiapkan sesuatu seperti, mandi, berpakaian, mempersiapkan makan makanan, sehingga tidak ada waktu yang terbuang.

Ketika Anda terperangkap dalam pikiran yang sangat negatif, dengarkan audio Anda selama jangka waktu tertentu. Waktu dan intensitas yang diperlukan tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk mengubah pikiran negatif.

Setelah Anda membangun jalur saraf yang cukup untuk berpikir secara positif, Anda boleh lebih jarang mendengarkan audio, tapi Anda harus konsisten dan rajin untuk berpikir secara positif. Saya telah melakukan hal ini dan saya berhasil!

Mendengar musik dengan irama yang memberi inspirasi positif juga membantu, tetapi tidak dapat menggantikan kebutuhan untuk mendengar audio mengenai pengembangan pikiran pribadi.

Ketika Anda terlalu tertekan untuk memanfaatkan cara lainnya untuk mengubah pikiran negatif Anda, maka hal termudah yang Anda lakukan adalah tekan tombol play audio Anda. Jika Anda tidak dapat melakukannya, Anda perlu konsultasi dengan ahli kesehatan perilaku.

2. Bergaullah dengan orang yang membuat Anda berpikir secara positif

Bergabunglah dengan suatu kelompok yang memusatkan perhatian pada: pemberdayaan, meditasi, mandiri, spiritualitas, laki-laki/perempuan, atau kelompok lainnya yang membuat Anda berpikir secara positif. (KimsonDoan / unsplash)
Bergabunglah dengan suatu kelompok yang memusatkan perhatian pada: pemberdayaan, meditasi, mandiri, spiritualitas, laki-laki/perempuan, atau kelompok lainnya yang membuat Anda berpikir secara positif. (KimsonDoan / unsplash)

Adalah sangat penting untuk bergabung dengan lingkungan Anda minimal 1-2 hari seminggu. Bergabunglah dengan suatu kelompok yang memusatkan perhatian pada: pemberdayaan, meditasi, mandiri, spiritualitas, laki-laki/perempuan, atau kelompok lainnya yang membuat anda berpikir secara positif. Anda harus bergabung dalam kelompok yang benar-benar membuat Anda berpikir secara positif, yang memusatkan perhatian pada pemecahan masalah dan membangkitkan semangat hidup untuk menghadapi tantangan yang ada, bukan kelompok yang hanya mengeluh saja.

3. Batasi atau tiadakan waktu untuk mendengar berita dan menonton TV

Dengan memperbaiki apa yang Anda tonton dan dengar akan meningkatkan suasana hati dan pikiran positif Anda.

4. Beri waktu santai untuk diri Anda setiap hari

Bergabung dalam kelompok yang menyehatkan pikiran Anda seperti, yoga, berjalan, meditasi, olahraga, berkebun, jurnal, membaca, atau menyumbangkan waktu anda untuk tujuan yang baik. (TalorJacobs / unsplash)
Bergabung dalam kelompok yang menyehatkan pikiran Anda seperti, yoga, berjalan, meditasi, olahraga, berkebun, jurnal, membaca, atau menyumbangkan waktu anda untuk tujuan yang baik. (TalorJacobs / unsplash)

Beri waktu santai untuk diri Anda setiap hari selama 20-60 menit. Bergabung dalam kelompok yang menyehatkan pikiran Anda seperti, yoga, berjalan, meditasi, olahraga, berkebun, jurnal, membaca, atau menyumbangkan waktu Anda untuk tujuan yang baik.

5. Mengekspresikan pikiran Anda dengan cara yang berbeda

Gantilah pikiran negatif dengan ucapan positif seperti ini:

“Saya bertekad untuk melakukan pekerjaan ini dengan cara yang menyenangkan dan mendukung.”

“Aku akan berhasil mendapat pekerjaan baru dengan mudah.”

“Saya akan mengintropeksi diri untuk menemukan mengapa perkawinan saya tidak bahagia, kemudian saya akan mengatasinya.”

“Meskipun saya sudah divonis menderita (____), saya percaya saya akan sembuh.” Atau “Meskipun (___), saya merasa hidup saya bahagia dan merasa bahagia setiap hari.”

Kadang Anda perlu memulainya dengan hal yang sederhana: Pilih sesuatu yang Anda yakini saat ini. Ketika Anda berlatih mengekspresikan pikiran Anda dengan cara yang berbeda, maka Anda akan semakin percaya diri.

Suara hati itu seringkali lembut dan halus, tapi jangan Anda remehkan kekuatannya. Bersabar dengan diri Anda sendiri, dan setiap kali Anda melihat diri Anda berpikiran negatif, hal yang terbaik Anda lakukan adalah ekspresikan pikiran Anda dengan cara yang berbeda terhadap masalah yang sedang mengganggu pikiran Anda. Awalnya hal ini terasa sulit dan membutuhkan tantangan, tapi yang penting adalah untuk terus berlatih mengekspresikan pikiran Anda dengan cara yang berbeda.

Ingat, mengubah pikiran Anda membutuhkan usaha. Pikiran Anda dapat menjadi teman terbaik atau musuh terburuk Anda—jadi benar-benar tergantung pada pilihan Anda sendiri.

Sulit untuk mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif, terutama jika Anda sudah melakukannya untuk waktu yang lama. Jadi jangan menyalahkan diri sendiri atau berhenti berusaha untuk berpikir secara positif karena kegagalan yang sepele: Peningkatan kesadaran maupun keberhasilan adalah hasil dari kegagalan.

Rajin untuk berusaha berpikir secara positif, serta tidak menghukum diri sendiri jika gagal. Hanya dibutuhkan kebiasaan cara berpikir secara positif untuk mengikis pikiran negatif yang telah terukir dalam jalur saraf selama bertahun-tahun. Ketika Anda terjatuh ke dalam jurang yang dalam, tidaklah mudah untuk mendaki jalan keluar, tetapi ketika Anda berhasil melakukannya, Anda akan sangat senang karena Anda dapat melihat cakrawala lagi.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular