Oleh CNA Ise Shima, Jepang

Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk menyerukan solidaritas negara-nagara dunia untuk menangani krisis pengungsi yang sudah berkembang menjadi masalah dunia.

Donald Tusk mengatakan bahwa ia akan mencari dukungan dan menagih komitmen Kelompok 7 (G7) mendukung program jangka pendek dan panjang dalam menanganani krisis pengungsi. Akan berusaha untuk memperluas operasi bantuan global.

“Kami memahami bahwa karena berhubungan dengan geopolitik, maka sebagian besar tanggung jawab atas krisis pengungsi telah dan akan jatuh ke negara-negara yang berada di benua Eropa ini,” sebut  Donald Tusk.

Menurut Tusk, apabila Kelompok 7 (G7) tidak bersedia tampil sebagai pemimpin dalam menanggapi krisis ini, maka akan lebih sulit untuk mencarikan penggantinya.

KTT G7 akan diselenggarakan di Jepang, dan Donald Tusk akan menyampaikan himbauan tersebut di atas dalam konferensi pers sebelum KTT dimulai. Kelompok 7 negara industri besar dunia itu adalah Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular