Oleh CNA

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip ucapan pejabat diplomat AS di Washington DC  memberitakan bahwa pejabat Departemen Luar negeri Korea Utara yang menangani urusan AS dan  mantan pejabat senior Departemen Luar Negeri AS akan bertatap muka dan dialog dalam suatu pertemuan informal di kota Stockholm, Swedia pada akhir bulan ini.

Menurut laporan bahwa pejabat Korut yang menangani urusan AS yang juga menjabat sebagai ambasador Korut di PBB, Han Song-ryol dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri AS pada era Presiden Clinton, Thomas R. Pickering dan lainnya akan menghadiri seminar yang diselenggarakan di gedung Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) pada Minggu (29/5/2016) ini dan mengadakan dialog.

Menjelang pemilihan presiden AS, kebijakan AS terhadap Korut memang menjadi perhatian publik. Oleh karena itu, meskipun diadakan secara informal, tetapi pertemuan pejabat kedua negara tersebut tetap menarik untuk diperhatikan.

Tetapi sejumlah masyarakat berpendapat bahwa pertemuan seperti itu tidak perlu terlalu dipolitisir karena pertemuan informal selain sudah sering terjadi di waktu-waktu sebelumnya, juga tidak melibatkan petinggi AS yang masih menjabat.

Laporan mengutip ucapan pejabat Korea Selatan mengatakan bahwa karena pertemuan itu tidak dihadiri oleh pejabat AS, sehingga tidak akan mempengaruhi kebijakan pemerintahan Obama terhadap Korut. Selain itu, peserta dari AS juga tidak satu pun yang terlibat dalam pemelihan presiden AS, sehingga dapat dikatakan tidak membawa dampak pada kebijakan. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular