Tidak mau makan dari anak-anak adalah masalah umum, tetapi jangan menanggapi dengan cara santai. Hal ini dapat menyebabkan anak-anak menderita beberapa masalah kesehatan yang serius dan kekurangan gizi di masa depan.

Berikut beberapa alasan umum penyebab anak tidak mau makan:

Pemilih makanan

Beberapa anak-anak pada umumnya termasuk tipe pemilih makanan. Alasan mengapa anak menjadi pemilih makanan karena penolakan indera( sensorik). Misalnya, tidak menyukai bau, penampilan atau bagaimana rasa makanan ketika berada di tangan atau mulut, sensitivitas terhadap makanan yang membatasi asupan makanan serta kebiasaan makan yang buruk.

Terlalu banyak ngemil

Anak-anak yang banyak makan camilan (ngemil) menyebabkan perut mereka kenyang, sehingga anak tidak mau makan lagi. Kegiatan ngemil antara makanan utama adalah alasan umum bagi anak-anak untuk tidak mau makan.

Terlalu menekan

Ketika orangtua menekan agar anak menghabiskan makanannya, dapat mengakibatkan anak menolak untuk makan di sepanjang hari.

Gangguan (Distraction)

Dengan adanya sejumlah gadget (mainan elektronik) yang semakin canggih, menjadi penyebab lain bagi anak untuk menolak makan. Hal ini karena, sejumlah gadget ini telah membuat pikiran anak menjadi sibuk untuk bermain game yang dapat menghilangkan keinginan makan serta rasa lapar mereka.

Alasan medis

Ada beberapa masalah medis seperti: refluks (asam lambung), sembelit, dan sebagainya, yang dapat menjadi penyebab anak tidak mau makan. Bila anak sering muntah atau mengeluh sakit perut berkepanjangan, ada baiknya periksakan ke dokter anak spesialis pencernaan (gastrologi)

Kelelahan

Kebanyakan anak-anak dapat memiliki kegiatan yang padat sepanjang hari, sehingga cenderung melewatkan makan malam mereka.

Gangguan makan

Keinginan untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan adalah penyebab umum bagi anak yang tumbuh menjadi anak remaja. Hal ini menjadi penyebab ketidakpuasan terhadap bentuk badan mereka, sehingga menyebabkan mereka mulai diet dan mengurangi asupan akan berbagai jenis makanan, namun bila hal obsesi mendapatkan tubuh sekurus model ini sudah menjadi tanda-tanda bulimia, orangtua perlu waspada.

Satu jenis makanan saja

Anak-anak cenderung makan makanan yang paling mereka sukai, mengabaikan makanan lain yang menyediakan mereka dengan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh mereka. Kebiasaan ini mungkin penyebab untuk menolak makanan dari orangtua. (Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular