Oleh: Petr Svab

Apakah Anda sering menelpon? Dalam sebuah studi menunjukan efek radiasi ponsel terhadap tikus peningkatan risiko kanker otak atau tumor hati, tapi tidak dramatis.

Penelitian ini dilakukan oleh Departemen Kesehatan National Program Toxikologi (NTP), AS.

Para peneliti menemukan 11 dari 550 tikus jantan menderita tumor kanker otak akibat terpapar radiasi ponsel untuk jangka waktu yang lama yang paling umum terjadi di Amerika Serikat (GSM atau CDMA).

90 Tikus jantan pada kelompok kontrol yang tidak terpapar radiasi, tidak menderita tumor kanker otak.

Sembilan dari 699 tikus jantan menderita tumor jantung yang bukan kanker pada kelompok kontrol.

“Penelitian kami dirancang khusus untuk meniru skenario paparan seperti yang terjadi pada manusia,” kata Michael E. WYDE, seorang ahli toksikologi yang mengawasi penelitian ponsel NTP, di situs NTP.

Tikus dipaparkan radiasi ponsel selama 18 jam sehari, tujuh hari seminggu, selama dua tahun. Tapi peneliti menyalakan dan memadamkan radiasi setiap 10 menit, sehingga tikus itu hanya terpapar radiasi total selama 9 jam sehari.

Para ilmuwan melakukan eksperimen yang sama pada tikus betina, tapi hanya tiga tikus betina yang menderita kanker otak dan enam tikus lainnya menderita tumor hati.

Insiden kanker otak dan kanker sistem saraf di Amerika Serikat adalah 6,4 per 100.000, mewakili 1,4 persen dari kasus kanker baru di negara itu, menurut National Cancer Institute, AS.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah menganggap radiasi ponsel menyebabkan terjadinya kanker sejak tahun 2013, berdasarkan “bukti” dari hubungan antara penggunaan ponsel yang sangat sering dengan tumor otak dan tumor saraf pendengaran.

Penelitian dan komentar resensi mengakui beberapa masalah. Banyak tikus kelompok kontrol meninggal sebelum penelitian berakhir. Bahkan jika satu dari tikus tersebut hidup lebih lama dan ada kemungkinan menderita tumor, maka hasil penelitian akan jauh lebih lemah.

Dalam penelitian sebelumnya, tikus di kelompok kontrol kadang-kadang menderita tumor otak atau jantung, karena kemungkinan beberapa tikus tersebut memang sudah menderita tumor sebelumnya dan bukan akibat radiasi ponsel.

Para ilmuwan juga mencari efek lainnya dari radiasi terhadap kesehatan, dan juga melakukan percobaan yang sama pada tikus. Mereka berencana untuk mempublikasikan hasilnya satu tahun setengah mendatang. (Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular