Oleh: Chen Gang

Dalam beberapa tahun terakhir sering terjadi gempa di belahan dunia, dan yang menjadi fokus perhatian kita, apakah dunia ini memasuki “masa aktif pergerakan lempeng.”  Baru-baru ini, laporan penelitian terbaru yang baru diselesaikan Oregon State University-OSU di Amerika, menyebutkan bahwa Riasi fault atau patahan di Riasi telah terhimpun banyak tekanan energi, jika meletus, maka pegunungan Himalaya kemungkinan akan dihantam gempa dahsyat berkekuatan di atas 8,0 Richter.

Sebuah tim peneliti dari Oregon State University baru saja menyelesaikan pemetaan geologi gunung Himalaya.  Selain meninjau patahan di Balakot-Bagh yang memicu gempa 7.6 skala Richter tahun 2005 lalu di Pakistan, tim peneliti juga memeriksa kembali jalur patahan di sekitar.

Mereka menemukan akumulasi tekanan pada patahan di Riasi itu sudah terlalu lama. Tak dapat dibayangkan, jika meletus. Besar kemungkinan akan terjadi gempa dahsyat berkekuatan 8.0 pada skala richter atau bahkan lebih besar, sehingga mengancam keselamatan penduduk setempat.

“Kami temukan bahwa patahan di Riasi adalah salah satu daerah patahan aktif yang utama di wilayah Kashmir, Pakistan, tapi sudah terlalu lama tidak melepaskan energinya secara normal, artinya kemungkinan terjadinya gempa dahsyat itu sangat tinggi. Tapi sekarang, masalahnya bukan terletak pada apakah akan terjadi, melainkan hanya masalah waktu saja, dan kekuatannya dipastikan jauh lebih besar dari gempa 7.6 skala richter di Pakistan tahun tahun 2005 lalu,” ujar peneliti.

Himalaya merupakan gunung tertinggi di dunia dari permukaan laut, terletak di daerah otonomi Tibet, Tiongkok, dan Pakistan, India, Nepal dan Bhutan dan perbatasan negara-negara lain di Asia.

Barisan Himalaya mempunyai panjang sekitar 2400 km, lebarnya bervariasi antara 200-300 km. Tersebar di sisi selatan Dataran Tinggi Tibet, mulai dari Barat pegunungan Nanga Parbat di Kashmir, Pakistan (Lintang Utara 35 ° 14’21”, Bujur Timur 74 ° 35’24”, dan 8125 meter di atas permukaan laut), hingga timur Namcha Barwa di Yarlung Tsangpo River  (Lintang Utara 29 ° 37’51,” Bujur Timur 95 ° 03’31”, dan 7756 meter di atas permukaan laut). Luas total area sekitar 594.400 kilometer persegi. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular