Samsung secara resmi mengumumkan mulai produksi massal Solid State Drive yang beratnya hanya 1 gram  dengan kapasitas 512 GB. Setelah sebelumnya Samsung merilis MicroSD Samsung Evo Plus 256GB yang merupakan microSD dengan kapasitas terbesar di dunia.

Baru-baru ini, raksasa elektronik Samsung merilis SSD PM971-NVMe, sebuah chip ball grid array (BGA) ukuran mini dan kini mulai memproduksi secara besar-besaran SSD ini, demikian dilansir dari situs Zdnet (31/5/2016).

SSD buatan Samsung itu beratnya hanya 1 gram, berkapasitas hingga 512 GB, dengan spesifikasi 20mm x 16mm x 1.5mm. Meskipun kecil, tapi didalamnya terdapat 16 buah flash chips V-NAND 256Gb 48-layer, 1 buah 20-nanometer 4Gb LPDDR4,  mobile DRAM chip dan sebuah Samsung Controller dengan performa yang tinggi.

eluncuran SSD berukuran kecil ini akan membantu pabrikan PC global dalam membuat perangkat komputer yang lebih langsing, kata Jung-bae Lee, Senior Vice President divisi storage Samsung. Sedangkan samsung mulai memproduksi secara besar-besaran SSD ini untuk nantinya digunakan pada smartphone , mini PC dan super slim laptop / notebook .

Langkah Samsung ini dinilai tepat karena banyak smartphone, laptop hingga komputer saat ini berupaya memangkas ukuran fisik dari produknya, dan dari dulu harddisk-lah yang selalu memakan tempat yang lumayan besar .

Tak cuma berukuran mungil, kecepatan atau kinerja baca dan tulisnya masing-masing mencapai 1.500 Megabyte per detik (MBps) dan 900 MBps, artinya cukup hanya 3 detik untuk men-download sebuah film full high-definition (Full HD).

Samsung rencananya akan meluncurkan SSD PM971-NVMe mungil ini dalam pilihan kapasitas 512 GB, 128 Gb dan 256 Gb mulai Juni 2016 ini. Namun, informasi harganya belum diungkapkan. Samsung berupaya meningkatkan kapasitas dan kinerja memori, agar bisa mendapatkan keuntungan pada kuartal pertama tahun 2016. (Jhon/asr)

Share

Video Popular