Jakarta – Hasil Sidang Itsbat Penetapan 1 Ramadhan 1437 H menyepakati bahwa awal Ramadhan 2016 jatuh pada Senin (6/6/2016). Sidang Itsbat yang digelar di Gedung Kemenag di Jalan MH Thamrin, Jakarta dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin.

Sidang dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, pimpinan Organisasi Islam, ahli astronomi dan Badan Hisab dan Rukyat. Turut hadir sejumlah undangan dari LSM. Penetapan awal Ramadan diawali dengan rapat tertutup dengan seluruh peserta Sidang Itsbat.

“Forum tersebut telah menyepakati dan memutuskan bahwa tanggal 1 Ramadhan1437 H jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016. Dengan demikian, puasa Ramadlan akan kita mulai esok hari Senin,” ujar Menteri Lukman dalam pidatonya, Minggu (5/6/2016).

Menteri Lukman dalam pidatonya tak lupa mengucapkan Selamat datang wahai bulan suci Ramadlan, selamat datang bulan puasa, dan selamat datang bulan penuh ibadah. Lukman menuturkan, Bulan Ramadlan adalah momentum istimewa, kesempatan berharga bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan dan  kepedulian sosial.

Tak hanya itu, bulan puasa juga merupakan momentum bagi umat untuk melakukan evaluasi tahunan terhadap semua perilaku dan amalan selama sebelas bulanyang telah berlalu, baik yang berhubungan dengan Tuhan maupun sesama manusia.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Lukman mengajak seluruh umat beragama untuk menjaga suasana kerukunan dan persaudaraan sesama anak bangsa.Menteri Lukman mengimbau suasana penuh kedamaian agar saudara-saudara sebangsa dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusu’ dan khidmat.

Menteri Lukman juga menghimbau kepada para pengelola tempat hiburan, pelaku usaha rumah makan/pengusaha kuliner, para pengelola media cetak dan elektronik, juga para admin dan pengguna media sosial, hendaknya ikut menjaga suasana yang kondusif, dengan membatasi kegiatan, pertunjukan, tayangan dan  konten-konten yang dapat mencederaikemuliaan bulan Ramadlan.

“Akhirnya, atas nama Pemerintah Republik Indonesia kami mengucapkan “Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah kita,” pungkasnya. (asr)

 

Share

Video Popular