Lebih dari setengah dari semua pasukan yang kembali dari zona tempur mengalami semacam kerusakan pendengaran. Namun sekarang 20.000 anggota militer menggunakan penutup telinga (earbuds) mini cerdas yang selain mengurangi suara impuls tingkat tinggi, sekaligus mempertinggi jenis suara yang sangat rendah seperti mempunyai kemampuan ‘pendengaran super’.

Disebut Tactical Communication and Protective System (TCAPS), perangkat militer ini juga siap untuk digunakan dalam headset untuk semua orang dari pekerja konstruksi sampai penggemar musik.

TCAPS ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2007 oleh Army’s Training and Doctrine Command di Fort Monroe. Kelompok ini berharap penutup telinga atau pelindung telinga mini ini akan mengatasi masalah kerusakan pendengaran oleh karena kebisingan medan yang secara aktif menyebabkan kerusakan dan secara bersamaan meningkatkan pendengaran dan komunikasi untuk memberikan keuntungan taktis.

alat penutup telinga
Tentara yang terkena deru suara ledakan dan tembakan mengalami kerusakan telinga selama dalam pertempuran. Namun 20.000 anggota militer sekarang menggunakan penutup telinga mini cerdas yang mengurangi impuls suara tingkat tinggi, sambil mempertinggi jenis suara yang sangat rendah seperti memiliki kemampuan ‘pendengaran super’.

“Selama bertahun-tahun, kami telah melihat sejumlah besar biaya yang dihabiskan untuk kepentingan tentara yang kehilangan pendengaran mereka, baik dalam pelatihan atau pertempuran,” kata Kapten Jack Moore, bagian dari tim Project Manager Soldier Warrior.

Dan sekarang mereka berusaha untuk mengatasi masalah tersebut yang tidak hanya mendapatkan peningkatan perlindungan pendengaran, tetapi kita juga bisa mendapatkan peningkatan kemampuan komunikasi secara baik.

Setelah di dalam telinga, ujung penutup telinga berdiam selama 15 sampai 20 detik untuk memperluas kapasitas penuh agar cocok dan nyaman. Ujungnya bertahan dari seminggu sampai satu bulan, tergantung pada seberapa bersih dan sehat telinga, tulis Leesville Daily Leader dalam laporannya.

TCAPS memotong kebisingan sampai 85 desibel, yang akan memungkinkan tentara untuk mendengar dan berkomunikasi melalui tembakan keras, setidaknya 150 desibel.

telinga super
TCAPS memungkinkan komunikasi dua arah secara jelas antara radio dan pengguna. Unit ini menyerupai sepasang penutup telinga tradisional, dan tentu saja beberapa menambahkan fitur berteknologi tinggi, dan beberapa model dapat terhubung ke peralatan komunikasi prajurit.

“Telinga Anda tidak dapat menangani suara-suara keras tanpa menderita kerusakan mekanis pada telinga bagian dalam yang mengakibatkan gangguan pendengaran permanen. Tentara terpaksa hanya secara sederhana melindungi telinga mereka, seperti menempelkan sepotong busa diperluas di dalam, tetapi ketika mereka perlu untuk mempertahankan kesadaran pendengaran, itu bukan pelindung pendengaran yang tepat,” Letkol Kristen Casto, konsultan audiologi dinas kesehatan Angkatan Darat, pada NPR.

TCAPS tidak hanya menyediakan tentara perlindungan dari suara tinggi dari lingkungan sekitar dan kesadaran situasional, tetapi perangkat ini memungkinkan komunikasi dua arah dengan jelas antara radio dan pengguna.

Unit ini menyerupai sepasang penutup telinga tradisional, dan tentu saja ditambahkan fitur-fitur berteknologi tinggi, dan beberapa model dapat terhubung ke peralatan komunikasi seorang prajurit.

Menurut Doug Brungart, kepala ilmuwan di Walter Reed National Military Medical Center’s audiology and speech pathology center, mengatakan bahwa teknologi ini tidak benar-benar rumit. Anda bisa memikirkan sistem seperti memiliki tombol volume yang dapat disesuaikan. Semakin keras suara luar, semakin banyak memutar turun volumenya, dan orang yang memakai perangkat masih bisa mendengar suara, namun tidak akan pernah mendapati suara begitu keras yang akan menyebabkan kerusakan telinga. (ran)

Share

Video Popular