Oleh: Josh Axe

Hal yang benar-benar membuat frustasi adalah bila kita tidak melihat hasil yang kita inginkan setelah memulai program olahraga serta menjalani beberapa perubahan pola makan yang baik untuk penurunan berat badan.

Hal ini terjadi karena seringkali ada beberapa makanan yang tersembunyi dalam diet Anda yang merusak metabolisme sehingga menggagalkan upaya Anda untuk menurunkan berat badan, meskipun Anda berpikir telah mengonsumsi diet yang sehat

Berikut adalah 6 makanan yang merusak metabolisme yang harus Anda hindari dan beralih ke diet yang meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak!

Jus buah

makanan-merusak-metabolisme2_kesehatan

Berlawanan dengan kepercayaan umum, lemak bukanlah penyebab utama yang membuat Anda gemuk, tetapi mengonsumsi terlalu banyak gula yang membuat Anda gemuk. Minum jus buah dan mengonsumsi terlalu banyak gula benar-benar merusak metabolisme!

Jus buah yang paling digemari yaitu apel, jeruk dan anggur mengandung gula! Kedengarannya jus apel menyehatkan, tetapi proses untuk mengubah apel menjadi jus adalah sebagai berikut.
Pertama, apel diteka dan dibuang semua seratnya, kemudian dipanaskan melalui proses pasteurisasi pada 280 derajat, sehingga menjadi kering dan berubah menjadi konsentrat, dan ditambahkan gula, pewarna makanan dan perasa dan dikemas dan dijual dan Anda membelinya.

Seperdelapan ons jus buah mengandung 30 gr gula, sedangkan soda mengandung 28 gr gula!

Pengganti: Untuk mengganti jus buah, saya sarankan untuk membuat sendiri jus lemon, atau teh yang dicampur dengan madu mentah, atau minum air kelapa!

Biji-bijian yang utuh

makanan-merusak-metabolisme3_kesehatan

Biji-bijian dapa menjadi nomor satu merusak metabolisme dan menggagalkan penurunan berat badan. Kita tahu mungkin “biji-bijian” seperti roti gandum tampak seperti menyehatkan, tetapi kebanyakan malah jauh dari membantu metabolisme Anda.

Tiga senyawa utama yang terkandung dalam biji-bijian merusak metabolisme meliputi gluten, pati dan asam fitat. Gluten menyebabkan peradangan, yang merupakan akar dari semua penyakit. Pati berubah menjadi gula dengan cepat. Asam fitat mengikat mineral, sehingga tubuh tidak mendapatkan sebagian besar mineral dan vitamin dari biji-bijian untuk membantu metabolisme.

Beberapa contoh makanan biji-bijian yang merusak metabolism meliputi: roti, pasta, sereal, kerupuk, muffin, makanan penutup, tepung, keripik dan granola bar.

Pengganti: Cara terbaik untuk menghilangkan lemak adalah jangan makan biji-bijian, tapi makanlah buah dan sayuran. Jangan makan makanan yang mengandung tepung terigu, tapi yang mengandung tepung kelapa karena tepung kelapa mengandung serat yang tinggi, yang mendukung hilangnya lemak dengan cepat dan mengandung lemak tubuh yang dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Minyak canola

makanan-merusak-metabolisme4_kesehatan

Menggunakan jenis minyak yang salah dapat menggagalkan penurunan berat badan sebesar 4,5 kg. Jika Anda menggunakan minyak canola atau minyak nabati lainnya pasti akan memperlambat upaya penurunan lemak dan menyebabkan lemak yang tidak diinginkan disimpan dalam tubuh. Minyak canola mengandung minyak terhidrogenasi yang menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, mengganggu hormon dan metabolisme.

Pengganti: Ganti semua minyak sayur dengan minyak kelapa dan mentega yang diperoleh dari sapi yang makan rumput untuk meningkatkan metabolisme. Mentega mengurangi lemak pada perut karena mendukung metabolisme karena mengandung asam linolet terkonjugasi yang tinggi, dan minyak kelapa mendukung kehilangan lemak karena mengandung asam lemak rantai sedang yang tinggi. Makan mentega dan minyak kelapa akan mengubah tubuh menjadi tungku pembakar lemak!

Selai kacang tanah

makanan-merusak-metabolisme5_kesehatan

Kita tahu, selai kacang tanah sangat lezat, tetapi dapat membunuh kesehatan usus. Kacang tanah yang tumbuh di tanah dan disimpan pada tempat yang lembab menyebabkan jamur aflatoksin akan tumbuh pada kacang tanah yang memengaruhi kesehatan usus.

Kacang tanah adalah salah satu penyebab alergi yang paling umum saat ini dan telah dikaitkan dengan alergi makanan, sindrom usus bocor dan metabolisme yang lambat. Aflatoksin pada kacang tanah ini benar-benar bersaing dengan probiotik dalam usus sehingga merusak kesehatan saluran cerna.

Kacang tanah mengandung asam lemak omega-6 yang sangat tinggi, yang menyebabkan peradangan serius di dalam tubuh. Berdasarkan alasan ini, selai kacang adalah makanan yang merusak metabolisme!

Pengganti: Jika Anda ingin meningkatkan metabolisme, beralihlah ke mentega almond.

Granola

makanan-merusak-metabolisme6_kesehatan

Granola adalah sereal yang mengandung oat, gula merah atau madu, buah yang dikeringkan, dan kacang untuk sarapan pagi. Selama bertahun-tahun granola dicap sebagai makanan sehat, padahal granola merusak metabolisme.

Saat ini granola mengakibatkan banyak masalah karena mengandung biji-bijian dan gula. Yang paling mengejutkan adalah madunya sebagai penyebab utama kenaikan berat badan. Suatu penelitian di A & M University di Texas telah meneliti madunya dan menemukan bahwa 76 persen madunya tidak berisi serbuk sari apa pun; di samping itu, karena sudah dipasteurisasi pada suhu yang tinggi, maka madu tidak lebih baik daripada sirup jagung!

Kombinasi gluten, asam fitat dan madu yang diproses merusak metabolisme dan menggagalkan penurunan berat badan.

Pengganti: Membuat granola sendiri. Rendam almond, pecan, kacang mete dan biji chia dalam air selama delapan jam, kemudian keringkan dengan handuk kertas selama satu hari. Kemudian campurkan bahan-bahan ini dengan madu mentah, kismis, parutan daging kelapa, kayu manis dan garam laut. Taruh dalam oven. Anda siap mencicipi makanan ringan yang sangat meningkatkan metabolisme.

Pemanis buatan

makanan-merusak-metabolisme7_Kesehatan

Dari semua makanan yang merusak metabolisme, adalah pemanis buatan termasuk aspartam dan sukralose adalah yang terburuk.

Aspartam dan sukralose merangsang nafsu makan dan meningkatkan nafsu untuk makan karbohidrat. “Tabungan” kalori yang diperoleh dari mengonsumsi makanan manis yang mengandung aspartam mengakibatkan peningkatan nafsu makan yang meningkatkan jumlah kalori.

Pengganti: Gunakan madu murni.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular