Erabaru.net. Tembakau yang digunakan dalam bentuk apa pun adalah bersifat berbahaya. Penggunaan tembakau, terutama rokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk kanker paru-paru dan mulut, stroke, jantung, menurunkan kepadatan tulang, serta memiliki efek merusak pada janin pada ibu hamil .

Penelitian menunjukkan bahwa dari semua bentuk tembakau terdapat angka kematian hampir mencapai 25 persen setiap tahunnya, di kelompok usia 30-60 tahun secara global.

Kandungan nikotin dalam tembakau yang begitu adiktif,pengguna merasa sangat sulit untuk berhenti setelah terbiasa untuk merokok.

Terlepas dari mengubah kebiasaan gaya hidup dan makanan, ayurveda membantu untuk membersihkan dan menyingkirkan akar penyebab dari setiap bentuk kecanduan merokok.

Berikut, beberapa herbal alami yang dapat membantu Anda berhenti merokok.

1. Ajwain

Ambil beberapa biji dari ajwain untuk dikunyah, ketika setiap kali Anda ingin merokok. Awalnya mungkin akan sulit, tetapi dengan mengunyah secara teratur, dapat membantu Anda untuk menyingkirkan kebiasaan merokok Anda.

2. Kayu manis

Kayu manis dapat membantu Anda menyingkirkan kecanduan akan tembakau. Kapanpun Anda memiliki keinginan untuk merokok, ambil sepotong kayu manis dan terus mengisapnya beberapa saat. Cara ini dapat membantu Anda menghentikan keinginan merokok Anda.

3. Air disimpan dalam wadah tembaga

Tembaga dikenal untuk mengikis kandungan racun. Minum banyak air disimpan dalam wadah tembaga membantu untuk membuang endapan racun dan mengurangi keinginan untuk merokok selama periode waktu.

4.Triphala

Triphala dikenal dapat membersihkan unsur-unsur beracun dalam tubuh serta mengurangi keinginan untuk merokok. Mengonsumsi satu sendok makan triphala setiap malam membantu Anda menghentikan kecanduan merokok.

5. Daun kemangi

Mengunyah beberapa helai daun kemangi dapat membantu Anda mengurangi keinginan untuk merokok serta menyembuhkan masalah kesehatan akibat merokok . Setiap pagi dan sore, mengonsumsi 2-3 daun kemangi secara rutin dapat membantu mengurangi kecanduan merokok Anda.

6. Neti Kriya

Neti Kriya adalah salah satu bentuk tertua dari pengobatan ayurveda yang dapat membantu dalam mengatasi kecanduan tembakau. Ambil neti pot, tuangkan larutan garam biasa dari satu lubang hidung dan biarkan mengalir keluar dari hidung satunya lagi. Hal ini harus dilakukan dua kali sehari, pagi dan malam hari.

7. Jeringau

Sebuah ramuan jeringau dikenal sangat membantu untuk menyingkirkan kecanduan merokok. Tambahkan sejumlah kecil bubuk jeringau dengan ghee dalam segelas air hangat dan minum secara rutin.

8. Jahe, amla dan kunyit

Jahe, amla dan bubuk kunyit dapat membantu mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Anda dapat membuat bola permen dari bubuk jahe, amala dan bubuk kunyit, mngonsumsi permen ini, jika keinginan merokok Anda datang menyerang Anda.

9. Ashwagandha

Ashwagandha tanaman herbal dari India ini dikenal dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Tanaman ini juga dapat membantu untuk meringankan tingkat kecemasan dan juga berbagai bentuk kecanduan tembakau.

10. Chamomile

Chamomile dikenal dapat membantu untuk menenangkan saraf otak, akibat dari timbulnya keinginan bagi pecandu rokok. Anda dapat mengonsumsi teh chamomile sebanyak 2-3 kali sehari.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular