Erabaru.net. Masyarakat sekarang umumnya kurang berolahraga, terutama masyarakat yang tinggal di perkotaaan, selalu beralasan sibuk dengan pekerjaan, tidak ada waktu untuk berolahraga. Tapi sekarang “tidak ada waktu” tak akan lagi menjadi alasan.

Karena hanya dengan waktu satu menit olahraga atau latihan intensitas tinggi, manfaatnya setara dengan 45 menit latihan sedang dan dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Demikin hasil studi bersama Martin Gibala, seorang profesor kinesiologi dan rekannya yang menegaskan kesimpulan terkait di atas, studi tersebut baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Public Library of Science (PLoS).

Tim dari McMaster University, Kanada, merekrut 27 peserta yang tidak aktif atau terbiasa olahraga untuk ikut dalam percobaan yang berlangsung selama 12 minggu, dan dalam uji coba ini, peserta dibagi dalam tiga kelompok.

Untuk kelompok pertama, sama seperti biasa tidak berolahraga ; kelompok kedua melakukan latihan moderat (MICT atau disebut latihan intens moderat), sementara kelompok ketiga berpartipasi dalam latihan intensitas tinggi secara intermittens (sela-menyela/berhenti untuk sementara waktu dan menyambungnya semula). Untuk membandingkan konsentrasi insulin dan fungsi metabolisme jantung dari ketiga kelompok tersebut.

Dan ditemukan, hasil tes peserta dari kelompok kedua, ketiga setara, atau dengan kata lain, dapat menghemat lima kali waktu olahraga yang setara dengan olahraga intensitas tinggi secara intermittens.

Kelompok kedua melakukan olahraga rutin (50 menit besepeda statis dengan kecepatan sedang), termasuk dua menit pemanasan, dan tiga menit pendinginan (cool down) ; sementara kelompok ketiga melakukan olahraga intensitas tinggi secara intermittens, cukup 10 menit setiap latihan, termasuk tiga kali 20 detik Sprint dengan tenaga ekstrim, pemanasan dua menit, tiga menit pendinginan dan dua menit bersepeda untuk pemulihan antara sprint intens.

Setelah tiga kali olahraga per pekan selama 12 minggu berturut-turut, hasil tes terkait menunjukkan kesehatan dan kebugaran mereka rata-rata memperoleh peningkatan yang sama. Selama tes tersebut, seorang laki-laki hanya mengonsumsi kentang, namun, berat badannya menyusut 70 pound.

Ketika ditanya jenis olahraga yang lebih bermanfaat, Martin Gibala yang mengawasi studi itu menjawab,”Jika Anda seperti saya, yang ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran tapi tak punya waktu 45 sampai satu jam untuk olahraga, data kami membuktikan Anda dapat meraih manfaat bahkan hanya dari satu menit olahraga intensif.”

Jadi mereka yang tak punya waktu satu jam sehari untuk olahraga, latihan interval intensitas tinggi mungkin bisa jadi jawabannya. Bahkan ketika Anda menyediakan waktu untuk olahraga lebih lama, memvariasikan latihan satu hari tidak akan memperlambat kemajuan yang sudah dibuat atau dalam mencapai tujuan penurunan berat badan.(Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular