Erabaru.net. Bagi kebanyakan orang menyebutkan daun mint, yang terlintas dalam pikiran adalah sebatang permen dan permen karet. Ternyata, ada banyak kegunaan dari mint yang harum, diantaranya untuk resep masakan dan sebagai teh untuk penambah energi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dari daun peppermint.

Melegakan pernapasan

Penelitian menunjukkan bahwa daun peppermint mengandung asam rosmarinic (senyawa inflamasi yang disebut leukotrien) yang dapat mendorong tubuh untuk menghasikan senyawa prostacyclins, yang bermanfaat untuk membuka jalan di saluran pernapasan, melegakan serta memperlancar pernapasan Anda.

Peppermint juga dapat membantu mengurangi hidung yang tersumbat, terkait dengan pilek dan alergi. Anda dapat mengurangi penyumbatan napas,akibat pilek dengan membuat teh herbal dari satu sendok teh daun peppermint kering( segar ), didihkan selama 10 menit dan diminum selagi hangat.

Mengatasi flu

Dominion Herbal College di Burnaby, British Columbia,Kanada, menyarankan mint dan teh bunga elder dapat bermanfaat untuk mengeluarkan keringat serta membantu mengobati dingin akibat pilek dan flu. Untuk membuat teh tradisional ini, rendam satu sendok makan daun peppermint dan bunga elder (tersedia dari berbagai toko makanan kesehatan ) dalam air panas.

Minum setengah cangkir teh setiap 30 menit pada gejala pertama dari pilek atau flu, sampai Anda mulai berkeringat. Kemudian, minum 2 sendok makan,setiap satu jam, sampai gejala flu membaik.

Memperlancar pencernaan

penggunaan paling terkenal dari daunpeppermint adalah membantu memperlancar pencernaan. Selain itu juga, dapat meringankan rasa mual, muntah dan masalah pencernaan lainnya.

Menghilangkan batu empedu

Peppermint mengandung borneol majemuk, ditemukan dalam berbagai varietas mint, yang menurut ahli botani terkenal Dr. James Duke, penulis The Green Pharmacy, dapat membantu dalam menghilangkan batu empedu (bersama dengan perawatan medis yang diresepkan juga). Dia menyarankan untuk membuat teh ramuan ini, dengan menyeduh satu sendok teh kapulaga dan daun peppermint, untuk meminum sesering mungkin.

Mengobati herpes

Menurut penelitian oleh John Heinerman, seorang dokter dari antropologi medis dan penulis Healing Herbs and Spices, peppermint ampuh melawan virus, menjadikannya pilihan yang baik untuk mengatasi virus herpes. Virus herpes simpleks menyebabkan luka dingin dan herpes genital sementara herpes zoster terkait dengan cacar air dan herpes zoster.

Heinerman juga merekomendasikan dua cangkir teh peppermint panas setiap hari untuk mengurangi gejala dan memperpendek durasi wabah herpes. Minum teh peppermint membantu mengurangi timbulnya wabah masa depan.

Pereda road rage

Apakah Anda memiliki kecenderungan untuk mengalami road rage, cemas, kelelahan atau frustrasi saat mengemudi? Menurut penelitian oleh Dr. Bryan Raudenbush, seorang profesor psikologi di Wheeling Jesuit University di Wheeling, Virginia Barat, mencium aroma peppermint saat mengemudi mobil mengurangi tingkat frustrasi, kecemasan dan kelelahan. (Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular