Oleh: Conan Milner

Siapa yang bisa menolak raspberry matang yang segar yang baru dipetik atau yang dibeli dan dikemas dalam wadah kecil. Raspberry bermanfaat untuk kesehatan namun mahal harganya.

Raspberry adalah anggota dari keluarga mawar. Buahnya rasanya asam manis, tetapi masing-masing bagian dari tanaman memiliki manfaat dimakan dan sebagai obat.

Daun raspberry telah menjadi ramuan favorit selama berabad-abad dalam tradisi pengobatan tradisional di seluruh dunia. Sekarang ini terutama digunakan oleh wanita untuk menjaga organ reproduksinya supaya tetap kuat.

Menguatkan rahim

Seduhan daun teh raspberry merah adalah minuman yang pahit namun menyenangkan untuk siapa pun, yang mengandung kadar vitamin A, B1, B3, dan C serta zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium yang tinggi dan murah harganya serta boleh diminum setiap hari.

Daun raspberry digunakan untuk menyeimbangkan haid yang tidak teratur, mengurangi perdarahan yang berlebihan, dan mengurangi nyeri haid. Daun raspberry adalah salah satu dari beberapa herbal yang sangat dianjurkan selama kehamilan, dan telah diakui selama berabad-abad.

Daun raspberry berkhasiat dalam setiap tahap kehamilan yaitu mencegah keguguran, mengurangi mual di pagi hari, memberi nutrisi untuk ibu dan anak selama kehamilan dan memperlancara persalinan.

Daun raspberry yang berkhasiat untuk organ reproduksi wanita berasal dari Amerika. Pada awal 1940-an, penelitian membuktikan persalinan yang lancar dan tenaga kontraksi yang kuat dialami oleh wanita yang minum ekstrak daun raspberry.

Suatu penelitian pada tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal Midwifery and Women’s Health menunjukkan bahwa wanita yang minum teh daun raspberry mengalami waktu persalinan yang lebih singkat dan sedikit bayi dilahirkan dengan bantuan forsep (alat penjepit untuk mengeluarkan bayi). Sedangkan penelitian di Austarlia tahu 1999 menunjukkan bahwa wanita yang minum teh daun raspberry kurang cenderung melahirkan melalui operasi caecar atau tindakan vakum dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Setelah melahirkan, seorang ibu harus tetap mengonsumsi daun raspberry untuk membantu mengencangkan otot panggul dan mengurangi perdarahan pasca-melahirkan. Daun raspberry adalah rempah tradisional yang berkhasiat meningkatkan produksi air susu ibu yang bergizi sebagai makanan untuk bayi.

Pengatur usus

Daun raspberry juga bermanfaat untuk organ lain yang rentan terhadap kelemahan. Beberapa orang menggunakannya untuk memperbaiki fungsi prostat atau untuk meningkatkan fungsi usus besar yang menurun.

Daun raspberry menyembuhkan diare dengan cara mengatur air dalam usus. Daun raspberry mencegah sembelit dengan cara memperkuat fungsi usus dari waktu ke waktu.

Daun raspberry meredakan sakit tenggorokan dan luka di mulut. Teh daun raspberry untuk membilas luka pada kulit.

Teh raspberry juga diminum untuk mengurangi demam, meredakan kram kaki, dan meredakan radang mata.

Tambahkan satu ons daun kering raspberry untuk setengah liter air panas dan biarkan selama setengah jam. Jika Anda membeli teh daun raspberry dalam kemasan kantong teh, biarkan dalam gelas tertutup selama minimal 15 menit. Minum satu sampai tiga cangkir per hari.

Jika Anda tidak suka minum teh, daun raspberry juga tersedia dalam bentuk pil dan tingtur. Pastikan Anda tidak bingung dengan keton raspberry yang sedang gencar dipromosikan, yaitu suplemen sintetis yang mampu membakar lemak pada tikus tapi tidak memiliki sejarah dalam obat tradisional rakyat.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular