Erabaru.net. Sejumlah masalah kesehatan timbul akibat ketidakseimbangan hormon. Dari masalah kelebihan berat badan sampai jerawat pada orang dewasa yang dapat merubah suasana hati.

Efek ketidakseimbangan hormon yang terjadi di kehidupan kita benar-benar menyebabkan perbedaan kesejahteraan pada diri kita.

Endokrin adalah satu sistem yang sangat peka. Hormon mengirikan pesan yang dibutuhkan oleh tubuh kita supaya tubuh berfungsi secara optimal.

Ketika tubuh tidak dapat memproduksi hormon yang penting, maka kita akan jatuh sakit. Berikut adalah apa yang perlu diingat untuk menyeimbangkan hormon.

Sistem endokrin 101

Pada dasarnya, hormon adalah pembawa pesan tubuh kita. Hormon memberitahu sel telur wanita supaya matang setiap bulan sehingga memungkinkan kehamilan terjadi. Hormon memberitahu otak untuk memulai istirahat pada saat mendekati saatnya tidur.

Hormon memberitahu tubuh untuk memberi respons siap siaga ketika dalam situasi bahaya. Hormon membuat organ dan sistem tubuh bekerja sama untuk menyelesaikan semua tugas demi kelangsungan hidup seorang manusia.

Bila tubuh tidak dapat memproduksi hormon yang penting, maka kita akan jatuh sakit. Ketidakseimbangan hormon meliputi ketidakteraturan menstruasi, jerawat, berat badan yang meningkat, gangguan tidur atau perubahan suasana hati yang mengganggu. Maka kita berusaha untuk menyeimbangkan hormon supaya sehat.

Lemak: Membangun perlindungan hormon

Mengonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang panjang. (SpeedKingz / Shutterstock)
Mengonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang panjang. (SpeedKingz / Shutterstock)

Jika Anda memutuskan untuk menyeimbangkan hormon, maka penting untuk Anda ketahui bagaimana hormon itu dibuat. Asam amino dan kadar kolesterol secara langsung bertanggungjawab atas pembuatan hormon. Anda harus memastikan untuk makan berbagai lemak sehat guna meningkatkan produksi hormon.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan jenis makanan yang terbaik untuk Anda. Pastikan Anda mengkonsumsi sumber kolesterol ‘baik’ secara teratur seperti minyak zaitun, minyak kelapa, daging dan telur yang didapat dari hewan yang mencari makan di padang rumput, ikan hasil tangkapan liar, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang panjang.

Kafein dan hormon

menyeimbangkan-hormon3_Kesehatan
Minum kopi menciptakan kondisi stres bagi tubuh. (Katsiaryna Pakhomava / Shutterstock)

Kafein dapat mengacaukan keseimbangan hormon. Sejumlah penelitian menyatakan adanya hubungan antara kadar kortisol—suatu hormon stres yang berperan dalam peningkatan berat badan—dengan kafein yang dikonsumsi. Jika Anda mengonsumsi kafein, pada saat istirahat, kadar kortisol lebih tinggi dibandingkan dengan Anda dalam kondisi sehat tanpa mengonsumsi kafein.

“Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa kafein meningkatkan kortisol dan epinefrin pada saat istirahat, dan bahwa kadar kortisol setelah mengonsumsi kafein adalah sama dengan kadar kortisol selama stres akut”, pernyataan yang dikeluarkan oleh Precision Nutrition. “Minum kopi sama seperti menciptakan kondisi stres bagi tubuh”.

Herbal yang berkhasiat menyeimbangkan hormon

Kayu manis mengurangi peradangan dan membantu tubuh untuk kembali ke irama tubuh yang alami (Boiarkina Marina / Shutterstock)
Kayu manis mengurangi peradangan dan membantu tubuh untuk kembali ke irama tubuh yang alami (Boiarkina Marina / Shutterstock)

Tambahkan herbal dalam makanan Anda untuk menyeimbangkan hormon secara alami. Kayu manis, bawang putih, kunyit, jahe dan jintan semuanya berkhasiat mengurangi peradangan sehingga membantu tubuh untuk kembali ke irama tubuh yang alami, demikian menurut Mindbodygreen.(Erabaru/Vivi/Yant)

Share

Video Popular