Meskipun pemerintah Korea Utara gencar larangan merokok bagi warga, tetapi dari foto yang disajikan oleh kantor berita resmi pada pekan ini terlihat pemimpin Korut Kim Jong-un itu justru menjadi ‘pelopor’ dalam menghisap rokok.

Menurut BBC bahwa foto itu diambil saat Kim Jong-un mendatangi tempat perkemahan musim panas untuk anak-anak di Pyongyang dengan jari tangan kanannya memegang sebatang rokok. Dua orang petugas yang berada di sampingnya sedang sibuk mencatat pesan-pesan Kim.

Pengamat mengatakan, foto Kim Jong-un dengan kedua jari tangannya sedang menjepit sebatang rokok dipublikasikan pada saat pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye anti merokok terasa janggal.

Menurut laporan Yonhap bulan lalu, Kim Jong-un sudah menjadi perokok senior. Ia mulai menghisap rokok di usia 15 tahun, dan setelah memegang jabatan, menghadiri pertemuan resmi, rokok sudah terus menjadi teman dekatnya. Foto rokok menemani Kim Jong-un yang diambil sebelum ini adalah ketika ia mengamati peluncuran roket pada 15 Maret 2016 lalu.

Tetapi selama 2 bulan terakhir, media resmi Korut tidak mempublikasikan foto Kim Jong-un dengan rokok di tangan atau di atas meja. Oleh karena itu, beberapa analis berpendapat bahwa Kim mungkin sudah berhenti merokok.

Analis urusan Korut dari BBC mengatakan, Kim Jong-un adalah seorang penggemar rokok. Jika pada  suatu saat ia terlihat tidak merokok, itu mungkin sudah diatur sebelumnya. Tidak merokok ketika diambil gambar.

Menurut data yang dikumpulkan Organisasi Kesehatan Dunia bahwa pada 2012, terdapat lebih dari setengah jumlah populasi pria Korut menghisap rokok. Yonhap mengatakan angka tersebut merupakan yang tertinggi di Asia. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular