Dalam proses pertumbuhan anak, seharusnya membiarkan mereka tahu antara orang tua mereka meskipun kadang – kadang terdapat perselisihan, tetapi mereka selalu saling mencintai. Ini adalah hal terpenting, terhadap masa depan anak – anak akan memiliki manfaat positif yang besar terhadap pertumbuhan mereka. Dengan kata lain, jika ingin memberikan kesempatan pendidikan terbaik dikehidupan anak – anak, biarkan anak – anak mengetahui orang tua mereka saling mencintai adalah hal yang sangat penting. Koluminis FamilyShare.com menjelaskan hal- hal berikut yang boleh dilakukan oleh ayah :

Memuji istri di depan anak – anak

Anda bisa memuji anak yang berpilaku benar, otak yang pintar dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan, semua diturunkan dari ibu, dan memberitahukan kepada anak : “ini alasan saya menikahinya!”

Membiarkan anak – anak membantu ibu mempersiapkan makan malam

Benar, anak – anak akan mengeluh, tetapi dengan bantuan anak – anak tidak hanya dapat meringankan beban istri, juga bisa membiarkan mereka mengetahui cara bagaimana mempedulikan kehidupan ibu, dan berharap dia hidup lebih baik.

Sedikit norak

Membiarkan anak – anak merasakan bahwa ayah juga memiliki sisi romantis, contohnya ketika memperingati hari ulang tahun ibu mentraktir makan atau membelikan hadiah, atau dengan sepenuh hati merayakan hari ulang tahun pernikahan. Dengan perbuatan ini dapat memberitahu anak betapa pentingnya ibu mereka di hati ayah.

Sahabat selamanya

Jangan bersikeras dengan pasti harus dengan teman-teman pria merayakan akhir pekan, dalam waktu luang memilih jalan – jalan bersama istri dan anak, memelihara halaman, melakukan pekerjaan merenovasi rumah, belanja, menonton film, dll. Sehingga anak – anak dapat memahami di hati ayah, posisi pertama seorang sahabat selamanya adalah ibu.

Jangan mentolerir anak membantah

Ketika anak membantah karena kesalahannya sendiri, dukung istri mendidik anak, ini adalah cara terbaik mencegah anak terus terusan membantah ibu.

Jangan mengkritik masakannya

Istri mungkin selamanya tidak akan mampu memasak makanan selezat masakan ibumu apalagi dibandingkan dengan restoran yang memakai penyedap rasa, tetapi tidak masalah, asalkan dia memiliki kemampuan yang cukup memasak untuk kamu, maka usahakan untuk selamanya tidak mengkritik masakannya apalagi tidak menyentuhnya, paling tidak makanlah sedikit.

Diskusi konsultasi bersama

Ketika Anda meminta ide dan saran istri, ketika istri Anda menunjukan masalah Anda dan memberikan saran, bisa membiarkan anak-anak belajar dari orang tua mereka berinteraksi dengan kesetaraan dan saling menghormati.

Anak – anak perlu menemukan kepercayaan diri ditengah pernikahan orang tua, ketika mereka tahu bertahun – tahun di kehidupan pernikahan orang tua mereka masih saling mencintai, saling menghormati, akan memungkinkan anak – anak memiliki keyakinan yang sama, menghadapi berbagai kehidupan pernikahan masa depan mereka.

 

Share
Kategori: KELUARGA

Video Popular