Erabaru.net. Presdir Yayasan Kanker Payudara Taiwan, Zhang Jinjian dan Dr. Cai Chonghuang direktur dari Ilmu Kedokteran Keluarga Rumah Sakit Chengqing dalam konferensi pers launching buku baru “Laboratorium Pencandu Kopi” yang diadakan pada 27 Mei 2016 lalu berbagi ilmu mengenai metode eksklusif cara meminum “3 cangkir” kopi.

Di saat meminum secangkir kopi harus dilengkapi dengan segelas susu sapi dan segelas air, guna menghindari diuretik dan osteoporosis. Setiap hari maksimal minum tiga gelas kopi sudah cukup.

Menurut laporan Central News Agency, Zhang Jinjian (70) mengatakan, dahulu ketika mengambil gelar doktoral, di kalangan teman-teman sudah populer meminum kopi instan,tetapi ketika ia minum sering bersendawa air asam dan merasa tidak nyaman, sehingga ia jarang minum lagi.

Sampai 10 tahun terakhir ini warung kopi (café) bermunculan di mana-mana, sekali lagi ia tertarik pada aroma kopi yang harum, maka tak dapat dihindarkan semakin minum semakin tercerahkan.

Zhang yang kini penggemar kopi menunjukkan bahwa kopi memiliki efek antioksidan, bermanfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskular otak, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, dan beberapa macam penyakit kanker lainnya. Tetapi sekaligus dapat menyebabkan insomnia, tukak lambung, osteoporosis (keropos tulang), dan lain-lain. Bagaimana cara meminum yang bisa menyehatkan? Zhang berbagi pengalaman “Metode 3 gelas” kopinya, yakni minum segelas kopi dipadukan dengan segelas air dan segelas susu.

“Laboratorium Pencandu Kopi” adalah buku karya pertama dengan tema terkait yang disusun oleh dokter di Taiwan. Zhang menjelaskan, kopi mudah menyebabkan diuretik (beser), jadi ketika minum kopi harus memperhatikan masalah dehidrasi, maka tambahkan minum air sekitar satu gelas kopi; selain itu dikarenakan minum kopi kemungkinan dapat menyebabkan osteoporosis, disarankan satu jam setelah minum kopi minumlah segelas susu sapi sebagai suplemen kalsium, susu segar yang direkomendasikan adalah 1,5 kali dari takaran kopi adalah yang terbaik.

Mengapa kopi dan susu harus terpisah meminumnya? Zhang mengatakan, kopi cenderung menghambat penyerapan kalsium, itu sebabnya dianjurkan satu jam setelah minum kopi baru minum susu segar, jika tidak minum susu segar, makan ikan teri juga dapat menambah zat kalsium.

Selain itu, Zhang juga mengingatkan, asupan kafein per hari seharusnya kurang dari 300 mg. Setiap hari maksimal hanya boleh minum 3 gelas adalah yang terbaik, tetapi bagi orang yang bermasalah dengan insomnia (sulit tidur) hindarilah meminum kopi setelah tengah hari.

Pasien tukak lambung, wanita hamil, dan anak-anak disarankan tidak minum kopi. Tetapi apabila wanita hamil tetap menginginkannya, syaratnya dalam satu hari tidak boleh lebih dari 1 gelas.

Bagi wanita menopause minum kopi harus ditambah zat kalsium sebagai suplemen dan minum susu bisa melengkapi zat kalsium dalam tubuh, tapi cara meminumnya harus terpisah dengan kopi. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share

Video Popular