Erabaru.net. Debu dapat menempati segala sudut di ruangan rumah. Meskipun Anda menghabiskan waktu berjam –jam untuk membersihkan rumah agar bebas debu, namun selalu ada jendela yang terbuka atau pintu yang dapat menarik debu masuk. Dan jika tidak rutin dibersihkan, dapat menyebabkan gangguan kesehatan para penghuninya.

Berikut, beberapa tips cerdas untuk menjaga rumah Anda bebas dari debu.

Mengurangi perabotan rumah

Perabotan rumah adalah salah satu tempat umum untuk berkumpulnya debu dalam rumah Anda. Anda dapat mengurangi penumpukan debu dalam rumah dengan menata kembali perabotan rumah Anda, mengurangi perabotan yang tidak perlu ( yang sudah rusak/ lapuk), sehingga ruangan rumah menjadi luas serta bebas debu.

Hindari penggunaan karpet

karpet mengandung serat yang dapat menjadi tempat berkumpulnya debu dalam rumah Anda. Jika Anda ingin memiliki rumah bebas debu, Anda sebaiknya menghindari penggunaan karpet di rumah, kalau memang menggunakan usakan untuk membersihkan karpet setiap hari dengan bantuan vacuum cleaner.

Rutin membersihkan lemari baju

Bila Anda memiliki lemari baju yang terbuka, itu pasti dapat mengumpulkan partikel debu dalam rumah Anda. Bahkan lemari juga akan berisi sejumlah debu jika tidak dibersihkan secara teratur. Cara terbaik untuk menjaga lemari bebas debu adalah untuk menyimpan semua pakaian Anda dalam kantong zip.

Menyimpan sepatu di luar rumah

Sepatu adalah sumber utama pembawa debu ke rumah. Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat membeli rak sepatu dan selalu menyimpan sepatu Anda di dalamnya, di luar rumah Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah sepatu Anda membawa segala macam kuman ke dalam rumah.

Cuci kain gorden

Jika Anda ingin menjaga ventilasi ruangan yang baik, setiap ada kesempatan Anda membersihkan debu. Anda juga harus untuk membiasakan mencuci dan membersihkan tirai dan gorden jendela di rumah Anda, setidaknya sekali dalam dua bulan. Gorden mengumpulkan banyak debu, terutama jika mereka menutupi jendela atau pintu.

Hindari penumpukkan mainan boneka

Anak-anak biasanya suka untuk bermain boneka. Jika kamar tidur anak Anda penuh dengan boneka, Anda disarankan sebaiknya rutin untuk mencucinya setiap minggu, karena kain / bulu dari boneka mainan ini dapat menyimpan debu halus, yang dapat berbahaya bagi kesehatan anak Anda.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular