Erabaru.net. Pendidikan sejak zaman kuno selalu melatih anak-anak sejak usia dini untuk selalu memiliki postur tubuh yang “tegak”, seiring dengan waktu sikap tubuh mereka menjadi tampak elegan dan berwibawa.

Namun setelah memasuki zaman modern, di mana kemajuan teknologi telah membuat kebebasan memengaruhi segala aspek kehidupan manusia, sehingga menjadi rentan terhadap stres dan penyakit psikis modern lainnya.

Tanpa sadar manusia telah mengembang sikap yang mengendur atau loyo, seperti sikap “leher teks” yakni membungkuk kepala ke depan saat menggunakan komputer atau ponsel pintar, dan hampir setiap orang tidak menyadari betapa pentingnya memiliki tubuh postur yang baik.

Berikut adalah tujuh alasan mengapa Anda harus peduli terhadap postur tubuh:

  1. Postur yang buruk membuat lebih tua di dalam maupun luar tubuh

Apabila kita melihat siluet seseorang yang memiliki postur tubuh bungkuk, maka kita akan berasumsi bahwa orang tersebut telah lanjut usia. Ketika kepala condong ke depan dan punggung loyo, tulang rusuk akan kehilangan fleksibilitasnya dan tidak leluasa bernapas.

Tanpa asupan oksigen yang cukup, radikal bebas akan berkembang biak di tubuh dan menyebabkan kerusakan dan kematian sel. Dalam beberapa dekade, postur tubuh yang buruk akan menyebabkan penuaan dini, yang muncul sebagai keriput, kulit kendur, persendian kaku, dan disfungsi organ.

2. Postur tubuh yang buruk meningkatkan risiko cedera

Kurangnya keselarasan tulang belakang yang normal dapat memengaruhi biomekanik dalam tiga hal:

• pusat gravitasi tubuh bergeser, mengacaukan keseimbangan tubuh.

• Jaringan parut terakumulasi, mengurangi fleksibilitas.

• Saraf terjepit dan terganggu, merusak koordinasi, kelincahan, dan gerakan refleks.

Hasil akhirnya adalah, cenderung lebih mudah untuk tersandung dan jatuh, sulit terhindar dari kecelakaan, dan lebih besar peluang mengalami cedera yang lebih parah.

3. Postur yang buruk memengaruhi tingkat energi dan kondisi pikiran

Oksigen adalah komponen penting dari metabolisme (karbohidrat + oksigen = karbon dioksida + air + energi). Oksigen rendah menyebabkan energi rendah, kelelahan, dan metabolisme melambat.

Mengurangi oksigen ke otak memengaruhi konsentrasi, memori, logika, dan perspektif. Orang dengan sikap tubuh yang buruk dengan mudah mendapatkan stres, frustrasi, dan perasaan letih.

4. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan osteoarthritis dan osteoporosis

Postur tubuh yang kronis pasti mengalami ketidak sejajaran tulang belakang yang kronis atau “subluksasi” sendi tulang belakang dan atau sendi ekstremitas. sendi subluxated, seperti kesejajaran as pada roda mobil, yang digunakan dari waktu ke waktu dan akan lebih cepat aus karena penggunaan lebih besar.

Pada tulang belakang, degenerasi akan muncul sebagai tulang taji (osteoarthritis). Akhirnya, cadangan kalsium dalam tulang menjadi habis akibat pertumbuhan tulang taji, menyebabkan osteopenia lokal (kepadatan tulang yang rendah) dan bahkan osteoporosis.

5. Postur tubuh yang buruk tidak sedap dipandang

Kedengarannya dangkal, tapi tidak. Apa yang mungkin disebut sebagai kesadaran diri (atau pemberontakan) selama masa pubertas dapat menyebabkan cacat semi-permanen di masa dewasa. Siapa yang benar-benar menginginkan punggung bongkok, payudara kendur, dan perut buncit? Postur tubuh yang baik akan membantu seseorang tampil lebih tinggi, langsing, dan lebih muda.

6. Postur tubuh yang buruk memengaruhi kesehatan seluruh tubuh

Sistem saraf mengontrol setiap organ, jaringan dan fungsi sel, serta membantu mereka beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan kebutuhan internal. (Misalnya meningkatkan asam lambung dalam mencerna makanan; lonjakan hormon untuk ovulasi, meningkatnya tekanan darah selama latihan).

Bagi otak untuk berkomunikasi dengan tubuh, saraf lewat melalui tulang belakang untuk sampai ke organ akhir dan kembali lagi. Subluksasi dapat mengganggu aliran saraf. Orang dengan postur tubuh yang buruk lebih mudah sakit, memakan waktu lebih lama untuk pulih, dan lebih rentan mengalami sirkulasi yang lamban, masalah pencernaan, dan bahkan kemandulan.

7. Postur tubuh yang buruk dapat diubah

Apakah Anda ingin menjadi sehat, kuat, lebih tinggi, dan lebih muda? Anda dapat mulai meninggalkan kebiasaan buruk dengan gaya hidup sehat, seperti berolahraga, diet, ergonomi, dan istirahat.

Seorang chiropractor (orang yang menyembuhkan penyakit dengan pengobatan tulang punggung.) dapat memberikan nasihat tentang pilihan gaya hidup yang baik serta menilai subluxations di tulang belakang yang dapat menghambat perkembangan Anda.

Chiropractor secara unik dilatih untuk menilai postur dan mendasari cedera tulang belakang dan membuat perubahan korektif untuk subluxations tulang belakang dengan cara non-invasif.

Kebanyakan orang tahu chiropractic untuk perawatan jangka pendek atas cedera muskuloskeletal akut (leher dan sakit punggung), tetapi prinsipnya sama, diterapkan selama jangka waktu yang lama, dapat mengatur kondisi untuk membalikkan osteoarthritis dan osteoporosis, meningkatkan aliran saraf dan fungsi organ, dan meningkatkan energi, produktivitas, dan kecakapan atletik.

Mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga tahunan untuk memperbaiki kerusakan, dan tahunan untuk menghentikan kerusakan puluhan tahun, tetapi jika ini adalah prioritas untuk Anda dan kesehatan Anda, perawatan korektif chiropractic adalah jawabannya. (Epochtimes/Ajg/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular