- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Anjing Petarung Dilatih Memburu Pemburu Ilegal Badak

Menghadapi perburuan badak yang kian merajalela, Afrika Selatan memperluas berbagai cara diversifikasi menghadapi pemburu gelap, termasuk pelatihan pasukan khusus, melatih anjing petarung khusus, melakukan perburuan terhadap pemburu (cula) badak di hutan.

Central News Agency melaporkan bahwa program pelatihan yang disediakan oleh Ichikowitz Family Foundation, memilih anjing serigala Jerman dan anjing gembala Belgia berbulu hitam (Belgian Malinois) sebagai target pelatihan. Anjing ras Belgian Malinois dipilih karena keberhasilan mereka dalam membantu pasukan khusus Navy SEAL dari AS dalam operasi penggerebekan Osama bin Laden.

Selama 3 bulan pelatihan, pawang anjing dan anjing yang dilatih harus tak terpisahkan selama 24 jam, agar tercapai rasa saling mempercayai yang kental. Isi kursus pelatihan meniru kurikulum Navy SEAL, misalnya diterjunkan dari helikopter mendarat di lokasi yang mencurigakan, merayap maju dalam semak belukar dan lain-lain.

Setelah lulus, setiap operasi dibatasi hanya berlangsung 3 hari. Pelatih anjing yang mengenakan baju loreng kamuflase, harus membawa cukup bekal (dog food) dan air minum. Satu team dengan anjing melacak di hutan keberadaan abu arang (bekas memasak) dan jejak kaki manusia pemburu illegal. Berbagi sebuah kantong tidur di malam hari, laiknya anggota keluarga sendiri.

Badak di Afrika. (internet) [1]
Badak di Afrika. (internet)

Media Afrika Selatan “Times LIVE” melaporkan Sabtu (4/6/2016) bahwa ratusan buah taman safari berukuran besar dan kecil yang berada di Afrika Selatan, setidaknya membutuhkan 400 ekor anjing petarung yang telah dilatih ketat dengan sistim militer guna membantu mengejar/menangkap pemburu badak. Saat ini di kamp pelatihan hanya terdapat 50 ekor anjing dewasa dan 40 ekor anjing anakan yang sedang training.

Dalam godaan keuntungan besar perdagangan gelap cula badak, Afrika Selatan pada 2015 telah kehilangan 1.175  ekor badak yang diburu dan dibunuh secara brutal. Anjing adalah teman terbaik manusia, kini harus mengandalkan kepiawaian mereka untuk menangkap para pemburu ilegal perusak ekosistem tersebut. (hui/whs/rmat)