Dengan musim panas yang makin menyengat, keluhan tentang panas dan listrik demi biaya menyalakan AC saling menyusul. Namun beberapa bagian dunia, khususnya Bangladesh, mengalami suhu terik menyesakkan karena banyak yang tidak memiliki sarana untuk daya AC.

Untuk mengalahkan panas, badan sosial baru telah menciptakan Eco-Cooler, sistem pendingin yang dapat dibuat sendiri, terdiri dari botol plastik bekas dan sepotong papan yang cocok untuk jendela apapun. Perangkat yang dipasang di papan, dengan lubang berukuran leher botol yang disusun dengan pola kisi-kisi, dan tidak membutuhkan listrik.

Grameen Intel, teknologi informasi bisnis sosial, bekerja sama dengan Grey Dhaka mengembangkan proyek ini. Pada Februari baru lalu, mereka telah membawa sistem pendingin tersebut untuk lebih dari 25.000 rumah tangga di Bangladesh.

pendingin udara
Sistem pendingin untuk lebih dari 25.000 rumah tangga di Bangladesh telah dipaasang Februari baru lalu.

Sekitar 70 persen penduduk tinggal di gubuk timah atau seng, di mana listrik bukan menjadi pilihan dan suhu dapat mencapai terik 113 derajat Fahrenheit (45 derajat Celcius) di musim panas.

Menurut laporan The Oservers, Eco-Cooler ini dapat menurunkan suhu setidaknya 9 derajat (5 derajat Celcius) dalam waktu singkat, yang dapat membuat perbedaan nyata di gubuk kecil tersebut.

Untuk membuat sistem pendingin buatan sendiri, ambil sepotong papan yang kuat dan potong sesuai dengan jendela pilihan Anda. Berikutnya, membuat lubang dalam pola kisi yang cukup besar untuk leher botol, tetapi pastikan pemotongan jarak sesuai dengan ukuran botol.

AC tanpa listrik
Cari sebanyak botol bekas yang Anda bisa, dan semakin besar perbedaan ukuran antara bodi dengan pinggir mulut botol, semakin baik. Dorong botol yang sudah dipotong dari sisi luar papan, putar tutup dari sisi dalam dan kencangkan di untuk menjaga botol tetap di tempat

Cari sebanyak mungkin botol bekas yang Anda bisa, dan semakin besar perbedaan ukuran antara bodi dengan pinggir leher botol, semakin baik. Iris sepanjang tubuh botol dan potong ujung penutupnya sebelum menempatkannya kembali pada botol, ini membantu memperbaiki botol masuk ke papan.

Dorong botol yang sudah dipotong dari sisi luar papan, putar tutupnya dari sisi dalam dan kencangkan untuk menjaga botol tetap berada di tempat. Dan akhirnya, tempatkan Eco-Cooler di jendela dengan bagian yang lebar botol menghadap luar.

Cara membuat eco cooler.
Langkah-langkah membuat eco cooler.

Udara panas akan segera masuk ke setiap botol, yang terdorong ke tepi di mana ia mulai menyebar, penyebaran ini adalah yang mendinginkan udara sebelum memasuki ruangan.

Ini sama seperti meniup di tangan Anda dengan mulut terbuka lebar, udara yang keluar panas. Sekarang, ketika Anda meniup dengan bibir Anda kerutkan udara yang keluar sejuk, Eco-Cooler melakukan hal yang sama. (ran)

https://youtu.be/HYbW2Ps-1fc

Share

Video Popular