Oleh: Fang Xiao

Setelah Kongres Nasional ke-18 Partai Komunis Tiongkok (PKT) pada 2012 lalu, badai anti korupsi yang digerakkan oleh kubu Xi Jinping, ketua PKT saat ini, telah mencopot banyak pejabat tinggi dari kubu Jiang Zemin (mantan ketua PKT 1989-2002), dan terus bentrok dengan Departemen Propaganda yang dikuasai oleh Liu Yunshan dari kubu Jiang Zemin yang merangkap anggota tetap Politbiro Pusat PKT.

Komite Inspeksi Disiplin Pusat (KIDP) PKT yang diketuai Wang Qishan bahkan melanggar “aturan baku” PKT sebelumnya, di dalam Komite Inspeksi Disiplin Pusat PKT didirikan Dinas Propaganda, dengan demikian dapat mengambil alih hak untuk berbicara (dari pengaruh kubu Jiang).

“Aturan Baku” Dilanggar Hak Bicara Direbut

Bei Qing Bao (Harian Pemuda Beijing) melaporkan, setelah Kongres ke-18 PKT, pekerjaan Komite Inspeksi Disiplin Pusat (KIDP) dalam bidang propaganda sudah jelas bertambah berat, ini dapat diketahui dari kesibukan website, micro blog, twitter dan lainnya.

Laporan dari media Hongkong  East Net mengatakan, KIDP telah mendirikan Dinas Propaganda, ini menandakan sebuah sisi penting bahwa kekuasaan, kemandirian dan otoritasnya telah diperkuat. Dinas Propaganda itu langsung dipimpin oleh Wang Qishan. Jaringan internet Komite yang “Independen” mempelopori penyajian berita tentang berbagai kasus besar serta penangkapan pejabat teras.

Sekarang masyarakat media di daratan Tiongkok dan kalangan pejabat, semua pada mengetahui, selain berita top sejenis kasus Zhou Yongkang dan Xu Chaihou, berita mengenai kasus konvensional lainnya, Harian Rakyat, Kantor Berita Xinhua dan CCTV , 3 media besar corong Beijing, hanya dapat menunggu di depan Komputer untuk terus menerus meperbarui laporannya yang didapat dari web resmi KIDP.

Sebelumnya, seluruh peristiwa besar dan berita besar PKT yang berkaitan dengan propaganda, semuanya ditangani oleh Departemen Propaganda Pusat PKT. Semua “Berita kewenangan” disiarkan oleh Harian Rakyat, Kantor Berita Xinhua dan CCTV  yang dikendalikan oleh Departemen Propaganda Komite Pusat dan disiarkan berdasarkan petunjuk dan penentuan nada oleh “pimpinan.” Kasus yang bersangkutan harus melalui pemeriksaan Departemen Propaganda Komite Pusat, ini merupakan kedisiplinan politik media resmi.

Namun badai anti korupsi yang digerakkan oleh kubu Xi Jinping, melalui KIDP telah menjebol “Tradisi Baku” tersebut. Website KIDP secara “Independen” mengumumkan terlebih dahulu berita-berita penting, ini mungkin membuat Departemen Propaganda Pusat dan 3 media corong resmi PKT merasa sangat  pasif. Para pejabat besar pimpinan Departemen Propaganda mungkin juga merasakan kekuasaannya telah dipreteli dan menjadi semu.     

Kubu Xi Bentrok Terus dengan Departemen Propaganda dari Liu Yunshan

Sejak Xi Jinping naik panggung pasca “Kongres Ke-18 PKT,” selalu diganggu oleh Liu Yunshan, anggota Komisi Tetap PKT dari kubu Jiang Zemin, yang menguasai ideologi PKT, dengan taktik pencorengan tingkat tinggi menggali lubang untuk menjebak Xi, Bahkan memberi kesan bahwa Xi beraliran kiri dan lain sebagainya. Kubu Xi juga berkali-kali melakukan perlawanan, sering bentrok langsung dengan Departemen Propaganda Pusat yang dikendalikan Liu Yunshan.

Setelah tahun baru Imlek tahun ini, pada Jumat (19/2/2016) pagi hari, Xi melakukan inspeksi di 3 media resmi besar PKT, yaitu kantor Harian Rakyat, Kantor berita Xinhua dan CCTV, sore harinya membuka dan berbicara pada forum kerja pers dan opini publik, menekankan perlunya mempunyai kesadaran bersama. Dilihat dari pemberitaan resmi, Liu Yunshan dan Liu Qibao sebagai penanggung-jawab Departemen Propaganda Pusat dengan sengaja telah dikesampingkan, hanya sebagai pendamping belaka. Saat itu ada pengamat beranggapan, Xi memang ingin merebut hak bicara dari tangan Liu.

Pada Selasa (23/2/2016) Wang Qishan menata pekerjaan inspeksi putaran pertama pusat periode 2016, dari 32 satuan yang akan diinspeksi, Departemen Propaganda Pusat berada pada giliran pertama. Sebelumnya, web resmi KIDP melaporkan, Wang mengirim anggota senior Komite yakni Li Xi sebagai kepala grup untuk melakukan inspeksi pada Harian Rakyat, merangkap  Kantor berita Xinhua, Kantor Majalah Qiushi, Harian Guangming, harian Ekonomi dan harian Tiongkok lima besar media resmi pusat.

Pada  Sabtu (12/3/2016) ada media asing yang mengutip sumber berita dari orang yang dekat dengan pusat pemerintahan Beijing mengatakan, Menteri Departemen Propaganda Pusat Liu Qibao tahun ini sudah dipastikan akan turun dan akan digantikan oleh Wakil Menteri Departemen PropagandaPusat Wang Kunming yang baru dimutasi dari provinsi Zhejiang. (tys/whs/rmat)

Share

Video Popular