Erabaru.net. Ketidakseimbangan makanan, duduk lama dan kebiasaan buruk lainnya akan membuat Anda menjadi komunitas “spare tire (penumpukan lemak di bagian tengah tubuh)”. Jika ingin membentuk tubuh, satu-satunya cara adalah mengatur pola makan, dan rajin berolahraga.

Banyak orang beralasan terlalu sibuk, tidak ada waktu ke gym, kalau begitu, luang waktu empat menit saja setiap hari, dan latihan sejenak gerakan berikut ini, apabila rajin dan bersikeras melakukannya selama satu bulan, Anda akan melihat perubahan yang tak terduga dengan postur tubuh Anda!

Kunci agar perut rata adalah satu gerakan ajaib yang disebut plank. Melakukan plank setiap hari selama 4 menit, terus-menerus selama sebulan, Anda akan merasa tubuh lebih kencang dalam sebulan. Tentunya, pola makan pun harus diperhatikan.

Olahraga yang disebut plank seperti tampak pada gambar di atas ini adalah jenis paling populer sekarang. (Internet)
Olahraga yang disebut plank seperti tampak pada gambar di atas ini adalah jenis paling populer sekarang. (Internet)

Pada dasarnya, jenis latihan yang disebut Plank ini, adalah menjaga posisi di mana berat tubuh disanggah oleh kedua tangan, siku, dan kedua ibu jari kaki selama beberapa detik. Cara ini terbukti efektif untuk mencairkan lemak dari perut, selat otot dalam dan luar, bagian atas, otot bokong, kaki, dan tangan. Anda juga bisa menguatkan otot perut, lengan, kaki, dan bokong.

Gerakan plank begitu simpel. Anda hanya perlu meluruskan tubuh dalam posisi tengkurap serta tahan badan dengan jari kaki serta lengan pada saat yang ditetapkan. Plank begitu popular lantaran tidak perlu alat. Plank juga begitu efektif untuk melatih otot perut. Latihan ini begitu efisien untuk membakar kalori dalam tubuh Anda.

Latihan plank ini bisa secara efektif melatih otot seluruh tubuh. (Internet)
Latihan plank ini bisa secara efektif melatih otot seluruh tubuh. (Internet)

Agar menghasilkan bentuk tubuh yang sempurna, usahakan Anda melakukannya dalam posisi tegak. Bagian tubuh atas Anda harus berada dalam garis lurus ketika Anda mengangkat siku dan kaki.

Kemudian pertahankan garis lurus sambil bernapas yang dalam dan menjaga kestabilan otot perut dan leher, juga kepala. Setelah mencapai posisi yang benar, Anda hanya perlu melakukan pengulangan selama satu bulan dengan durasi yang terus bertambah mulai dari hari pertama hingga di hari terakhir hitungan bulan.

Untuk mendapatkan tubuh ideal Anda hanya perlu membutuhkan waktu selama empat minggu. Untuk dua hari pertama Anda bisa memulai dengan durasi 20 detik ; hari ketiga dan keempat 30 detik ; hari kelima meningkat hingga 40 detik ; hari keenam istirahat.

Hari ketujuh, delapan 45 detik ; hari kesembilan, sepuluh, dan sebelas meningkat menjadi 90 detik, hari ketiga belas istirahat.

Hari keempat belas, lima belas 90 detik ; hari keenam belas, tujuh belas meningkat 120 detik ; hari kedelapan belas meningkat 150 detik ; hari kesembilan belas istirahat.

Hari keduapuluh, dua puluh satu tetap 150 detik ; hari kedua-puluh dua, dua puluh tiga 180 detik ; hari keduapuluh empat 210 detik ; hari kedua puluh lima istirahat.

Hari keduapuluh enam, dua puluh tujuh 240 detik ; hari kedua puluh delapan lakukan sekuat yang Anda bisa.

Untuk pemula, plank memang tak semudah yang terlihat. Meskipun latihan plank ini adalah olahraga yang sangat umum, tapi orang-orang sulit untuk bisa melakukannya sesuai standar.

Jika salah, mungkin akan mengurangi efeknya secara drastis. Latihan plank ini bisa secara efektif melatih otot seluruh badan, jika tidak ada waktu ke gym, maka cukup luangkan waktu empat menit saja setiap hari, dan latihan sejenak gerakan seperti uraian tersebut di atas, apabila rajin dan bersikeras melakukannya selama satu bulan, Anda akan melihat perubahan yang tak terduga dengan postur tubuh Anda!( Secretchina/Jhn/Yant)

Share

Video Popular