Oleh: Jim Liao

Ibu yang putrinya meninggal akibat reaksi alergi setelah berciuman dengan pacarnya berbicara mengenai pengelolaan alergi.

Myriam Ducre Lemay, seorang wanita berusia 20 tahun sangat alergi terhadap kacang, tetapi tidak pernah mengatakannya kepada pacarnya. Suatu malam di tahun 2012 setelah pesta, pasangan ini pulang ke rumah sang pria, di mana tanpa sepengetahuan Lemay, pacarnya makan sandwich selai kacang. Pasangan itu kemudian berciuman sebagai tanda selamat tinggal, yang berujung fatal bagi Lemay.

Setelah ciuman itu, Lemay mulai mengalami sesak napas yang dahsyat. Lemay tidak membawa obat hirup untuk asma yang biasa dipakainya, sehingga pacarnya menelpon 9-1-1 untuk minta pertolongan.

Ambulans tiba delapan menit setelah ditelepon. Namun, aliran darah Lemay tiba-tiba berhenti akibat jantung gagal untuk memompa darah secara efektif, dan akhirnya meninggal akibat anoksia otak, di mana otak sangat kekurangan oksigen.

Pada saat kejadian, Lemay tidak membawa EpiPen yaitu tas yang berisi alat medis yang digunakan untuk terapi darurat akibat reaksi alergi yang parah.

Menurut Daily Mail, ibu Myriam yang bernama Micheline Ducre, mengatakan kepada Journal De Quebec bahwa sehari sebelum kematian putrinya, sang putri mengatakan kepadanya ini adalah cinta pertamanya, tapi sayangnya sang putri tidak sempat memberitahu pacarnya bahwa ia menderita alergi kacang.

Ducre menambahkan bahwa biasanya putrinya selalu membawa EpiPen. Ia memperingati penderita alergi untuk selalu membawa gelang Medic Alert, suatu tanda pengenal medis yang menunjukkan bahwa pemakainya menderita alergi, supaya terhindar dari apa yang dialami putrinya.

Dr Christine McCusker, kepala bagian alergi dan imunologi pediatrik di Rumah Sakit Anak Montreal, Kandada, menegaskan bahwa alergen (penyebab alergi) tetap berada dalam air liur seseorang setelah makan hingga empat jam.

“Inilah sebabnya mengapa penderita alergi harus membawa EpiPen, meskipun tidak ingin karena tidak keren. Penderita alergi juga harus berani berkata kepada temannya bahwa ia menderita alergi makanan, bahwa ia membawa Epipen sehingga jika terjadi masalah, mohon dibantu,” kata McCusker kepada CTV News.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular