JAKARTA –Spekulasi siapa saja nama-nama yang akan menggantikan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun akhirnya berakhir, setelah Presiden Jokowi resmi mengajukan nama Kepala BNPT,Komjen Tito Karnavian sebagai calon Kapolri.

Hal demikian diungkapkan oleh Ketua DPR RI, Ade Komarudin disela-sela kunjungan ke Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta, Rabu (15/6/2016). Menurut Ade, pimpinan sudah mennerima surat dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno tentang pengganti Jenderal Badrodin Haiti.

Menurut Ade, DPR selanjutnya akan memproses surat dari Mensesneg tersebut dan menggelar rapat pimpinan tentang pencalonan Tito Karnavian oleh Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri. Hasil rapim ini selanjutnya akan diserahkan kepada Badan Musyawarah DPR (Bamus) yang selanjutnya akan diserahkan kepada Paripurna DPR RI.

“Kita akan Rapim dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito, dan selanjutnya diserahkan Bamus, kemudian hasilnya disampaikan ke Rapat Paripurna, ”kata Akom.

Menurut Ade, dia sudah sudah berkomunikasi dengan Ketua Komisi III DPR RI atas pencalonan Komjen Tito Karnavian. Selanjutnya, Komisi III DPR RI masih menunggu tentang hasil rapat Bamus DPR RI terkait pencalonan Kapolri.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny K. Harman yakin Kapolri pengganti Jenderal Badrodin akan ditetapkan sebelum lebaran tergantung hasil Badan Musyawarah DPR RI. Menurut dia, DPR tak serta merta menerima atau menolak calon yang diajukan oleh Presiden. Apalagi pencalonan Kapolri masih melalui proses-proses selanjutnya hingga uji tes dan kelayakan di Komisi III DPR RI.

Menurut Benny, setelah melalui uji kelayakan di DPR RI selanjutnya Komisi III DPR RI menyerahkan hasil uji kelayakan ini ke Paripurna DPR RI. Selanjutnya hasil paripurna tentang pencalonan Kapolri diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Persetujuan masih belum final, apalagi dalam UU mecantumkan bahwa pencalonan Kapolri atas persetujuan DPR RI.

“Belum final. Undang-Undang mengatakan pemberhentian dan pengangkatan Kapolri harus persetujuan dewan,” ujar Benny. (asr)

Share

Video Popular